Sukses

Lifestyle

Swedia Menerapkan Kerja Hanya 6 Jam Sehari, Akankah Karyawan Lebih Bahagia?

Ladies, berapa jam yang Anda habiskan sehari untuk bekerja di kantor? Umumnya di Indonesia menetapkan standar jam kerja sekitar 8 jam dengan lima atau enam hari kerja. Namun, rupanya baru-baru ini Swedia berani membuat 'terobosan' baru, lho.

Dilansir oleh dailymail.co.uk, ratusan pekerja di Swedia diuji coba dalam program 6 jam kerja per hari. Hal ini dilakukan oleh pemerintah Swedia dengan tujuan untuk mengurangi stress karyawan dan meningkatkan efisiensi kerja. Wow, seperti apa ya jalannya program ini?

Ternyata, pemerintah Swedia sebelumnya telah melakukan eksperimen terhadap dua kelompok pekerja. Yang pertama, kelompok pekerja yang bekerja selama 6 jam sehari dan yang satunya bekerja selama 7-8 jam sehari. Ternyata, kelompok pekerja yang pertama justru jarang mengambil ijin sakit dan cuti. Selain itu, mereka juga memiliki kesehatan mental yang lebih baik karena memiliki waktu lebih untuk melakukan hal-hal yang disukainya selepas bekerja.

Namun, eksperimen ini pun mendapat kontra dari beberapa pihak. Alasannya, bekerja 6 ataupun 8 jam sehari tidak ada dampaknya bagi kesehatan selama para karyawan merasa enjoy dengan apa yang dikerjakannya. Selain itu ada juga yang berpendapat, berapa pun jam kerjanya, seorang pekerja wajib dapat mengatur waktunya dengan baik agar dapat bekerja dengan efisien.

Barangkali jika benar-benar diterapkan, kesempatan bekerja 6 jam sehari ini dapat membantu para ibu rumah tangga yang bekerja di luar rumah, karena mengatur waktu untuk berkarir dan mengurus rumah tangga tentunya bukan perkara yang mudah ya. Dengan 6 jam sehari di tempat kerja, para wanita karir memiliki kesempatan lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga. Namun, setiap keputusan tentunya diiringi dengan konsekuensi-konsekuensi tertentu, misalnya: dengan jam kerja yang berkurang, prestasi kerja tetap harus meningkat. Bagaimana menurut Anda, Ladies, apakah Anda setuju dengan peraturan ala pemerintah Swedia ini? Bagikan pengalaman Anda di kolom berikut ini ya.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading