Sukses

Lifestyle

Kesalahan Dalam Wawancara Kerja dan Cara Menghindarinya

Setiap melakukan wawancara kerja, Anda akan selalu berharap dapat melakukan yang terbaik dan menghindari semua kesalahan. Terlebih, jika ini merupakan wawancara kerja pertama Anda. Untuk membuat wawancara kerja Anda maksimal, Anda dapat memperhatikan kesalahan wawancara kerja berikut cara menghindarinya, seperti dilansir news.com.au.

Berpura-pura Anda dapat melakukan semuanya

Sangat normal jika Anda ingin dipandang sebagai pribadi yang hebat di depan pewawancara. Namun, pada banyak kasus, sebenarnya seorang manajer hanya mencari orang-orang yang memiliki keahlian di area tertentu saja. Sebaiknya Anda jujur mengenai kelebihan dan kekurangan Anda saat menjalani wawancara. Jika Anda berbohong tentang berbagai keahlian itu, kebohongan tersebut akan dapat segera terungkap setelah Anda mendapatkan pekerjaan tersebut.

Membawa energi negatif

Saat menjalani wawancara kerja sebaiknya hindari pembicaraan negatif, misalnya tentang pekerjaan lama Anda atau keluhan-keluhan Anda lainnya. Katakan hal-hal positif tentang Anda. Jika Anda mendapat pertanyaan mengapa Anda keluar dari pekerjaan lama Anda, sebaiknya jawaban Anda tidak menjelekkan perusahaan Anda sebelumnya, dan menggantinya dengan ketertarikan Anda dengan perusahaan mereka.

Tidak mengetahui informasi tentang perusahaan

Anda perlu mempersiapkan diri sebelum melakukan wawancara kerja. Salah satu persiapan yang penting adalah mencari tahu tentang perusahaan dan pekerjaan yang menjadi incaran Anda. Anda dapat mencari tahu melalui internet atau orang-orang yang bekerja pada perusahaan tersebut.

Tidak bertanya

Wawancara bukan sekedar komunikasi satu arah di mana Anda hanya dapat menjawab pertanyaan. Anda dapat membuatnya menjadi diskusi tentang pekerjaan yang menjadi incaran Anda. Dengan bertanya pertanyaan-pertanyaan cerdas, Anda akan terlihat memiliki motivasi dan ketertarikan lebih terhadap pekerjaan tersebut.

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading