Sukses

Lifestyle

Sampah Sayuran Ini Jangan Dibuang, Karena Bisa Ditanam Lagi

Saat menyiangi dan mencuci sayur, bagian ujungnya akan dibuang ke tempat sampah dan dibiarkan begitu saja. Padahal, beberapa jenis sayur bisa ditanam, dirawat hingga tumbuh dan kembali dapat dinikmati sebagai sayuran segar.

Sebenarnya, menyimpan ujung sayuran dan menanamnya lagi dapat membantu memotong uang belanja lho. Apalagi Anda bisa lebih yakin bahwa sayur yang Anda makan organik dan lebih sehat.

Dilansir dari Care2.com, inilah beberapa jenis sayuran yang sebaiknya tidak dibuang ujungnya karena bisa ditanam ulang.

    Daun Bawang

    Daun bawang sangat mudah aplikasi penanamannya. Anda bisa memanfaatkan media kapas dan gelas air minum kemasan untuk membantu menumbuhkan akar sebelum kemudian dipindah ke media tanam yang lebih besar. Letakkan mereka di area yang hangat dan siram dengan rutin. Berikan media yang lebih besar karena bawang membutuhkan nutrisi dari tanah untuk berkembang.

    Seledri

    Saat menggunakan seledri, jangan dibuang ya akarnya. Anda bisa menanam kembali dengan cara yang sama seperti daun bawang. Selanjutnya, seledri bisa dipanen helai demi helai sambil membiarkannya tumbuh lebih lebat.

    Ubi jalar

    Sama halnya seperti kentang, ubi jalar yang sudah tumbuh bagian 'mata'-nya bisa ditanam di media tanah dan dibiarkan berkembang. Media yang disediakan sebaiknya cukup dalam dan luas sehingga ubi bisa menjalar dan tumbuh lebih banyak.

    Jahe atau rimpang lainnya

    Jahe pada umumnya adalah jenis akar rimpang yang mudah sekali tumbuh di lingkungan lembab dengan sinar matahari cukup. Menanamnyapun tidak perlu terlalu dalam, yang jelas tanahnya harus cukup subur dan gembur. Anda bisa memanen akarnya lagi dan menanam kembali setiap membutuhkannya.

    Selada

    Daun selada ada berbagai macam jenisnya, ada yang keriting dan bergelombang. Keduanya cara penanamannya sama. Jangan dibuang ya ujungnya, kemudian letakkan di media tanah yang subur. Selanjutnya, biarkan mereka tumbuh subur dengan rutin disiram.

Mari mulai hidup sehat dan menanam aneka sayuran di ruangan rumah Anda. Selain membantu memangkas pengeluaran, Anda juga bisa lebih lega karena memastikan sayuran yang dikonsumsi organik. 

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading