Sukses

Lifestyle

4 Tips Rahasia Membuat Cake Yang Sempurna

Siapa yang tak tergoda menikmati lezatnya cake yang dijual di toko-toko kue? Rasanya yang manis, gurih dengan tekstur lembut dan fluffy pasti bikin kita ingin bisa membuatnya di rumah. Tetapi, kenapa cake buatan sendiri hasilnya tak senikmat bikinan toko ya?

Sekalipun telah mengikuti resep yang tertera, membuat cake pun ada tips khususnya. Mulai dari pemilihan tepung yang tepat hingga cara menuangkan adonan ke dalam loyang sebelum dipanggang. Dilansir oleh saveur.com, simak 4 tips membuat cake yang sempurna berikut ini:

    Pilih Tepung Yang Tepat

    Untuk menghasilkan cake yang baik, gunakan tepung terigu yang digiling halus. Tepung terigu yang terbuat dari gandum disarankan karena mengandung protein gluten rendah dibandingkan tepung terigu biasa. Proses bleaching juga meningkatkan keasaman adonan sehingga pati dalam tepung menyerap lebih banyak uap air. Hasilnya adalah cake yang halus dan lembut.

    Perhatikan Suhu Bahan Yang Digunakan

    Kunci adonan yang lembut adalah pada suhu bahan yang digunakan. Susu, butter dan telur haruslah dalam suhu ruangan saat diolah. Telur dan susu yang dingin akan membuat adonan menggumpal dengan butter. Hasilnya adalah kue yang keras dan bertekstur kasar. Walaupun begitu, memanaskan butter dan susu juga tidak disarankan.

    Idealnya, semua bahan disiapkan semalam sebelumnya di suhu ruangan. Jika Anda terburu-buru, Anda dapat memasukkan telur dari kulkas ke dalam mangkuk berisi air hangat selama 5 menit agar telur berada dalam suhu yang cukup untuk diolah.

    Mengaduk Dengan Cara Yang Tepat

    Saat mencampur bahan, aduk adonan perlahan-lahan agar tidak menghasilkan remahan yang keras. Setelah adonan tercampur rata, naikkan menjadi kecepatan tertinggi selama 5 detik. Adonan akan berubah menjadi emulsi yang halus dan rata.

    Akhiri Dengan Menghentakkan Loyang

    Cake yang lembut dihasilkan dari banyaknya udara yang terkandung saat proses pengocokan adonan. Namun, hasilnya adalah cake yang berlubang-lubang dan kurang cantik dilihat. Hal ini dapat diatasi, caranya: saat menuangkan adonan ke loyang, ratakan bagian atas adonan dengan spatula karet. Lalu hentakkan loyang ke meja agar udara di dalam adonan terdorong keluar. Cara ini cocok digunakan untuk cake yang menggunakan baking soda atau baking powder tetapi tidak cocok untuk jenis cake yang memang membutuhkan udara di dalamnya, misalnya foam cake.

Dengan 4 tips di atas, Anda akan mendapatkan cake lembut nikmat dan cantik penampilannya. Selamat mencoba.

Cakes are special. Every birthday, every celebration ends with something sweet, a cake, and people remember. It's all about the memories. -Buddy Valastro

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading