Sukses

Lifestyle

Inilah Rasanya Berpuasa di Kiruna Yang Mataharinya Tak Kunjung Terbenam

Saat matahari terbenam, maghrib tiba dan kita mulai berbuka puasa. Tapi, bisakah Anda membayangkan kalau Anda tinggal di wilayah, yang mana matahari tak kunjung tenggelam hingga tengah malam menjelang? 

Adalah Kiruna, sebuah wilayah di utara Swedia. Wilayah ini masih termasuk dalam bagian utara Lingkaran Arktik. Saat ini sedang musim panas di sana dan beberapa muslim menjalankan ibadah puasa, sama seperti yang kita lakukan. Namun, ada yang berbeda dengan muslim di Eropa ini. 

Photo copyright Al Jazeera.com

Yang unik adalah, di sini matahari tak kunjung terbenam. Bahkan lima menit menjelang tengah malam pun, matahari masih bersinar seperti masih pukul 3 sore. Jadi matahari senantiasa menyinari dalam waktu yang cukup lama. Lalu, bagaimana mereka mengatur waktu berbuka? 

lima menit sebelum jam 12 malam | Photo copyright Al Jazeera.com

Puasa di sana memang sedikit lebih panjang. Tapi, mereka berbuka mengikuti wilayah Stockholm. Beruntungnya, cuaca sedikit lebih dingin. Meskipun mereka lapar, mereka tidak akan terlalu haus. Meski saat itu disebut Maghrib, tapi di luar masih sangat cerah. 

Maghrib masih cerah | photo copyright Al Jazeera.com

Kalau kita terbiasa sholat Maghrib dengan langit yang mulai redup, di Kiruna matahari masih senantiasa menyinari. Sebenarnya, pemandangan ini begitu unik dan eksotis. Betapa Allah SWT menciptakan alam semesta dengan keberagaman yang indah. Jangan lupa cek fotonya di galeri kami. 

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading