Sukses

Lifestyle

Baru Lulus Kuliah? Baca Ini Supaya Sukses Berkarier

Saat baru lulus kuliah, kita bisa merasakan euforia dan rasa bahagia yang begitu membuncah. Seolah baru lepas dari sebuah kungkungan untuk memasuki dunia baru yang penuh tantangan. Tapi hati-hati salah langkah, Ladies. Kalau Anda sudah salah langkah dalam menapaki awal karier, Anda bisa makin kesulitan untuk mencapai puncak kesuksesan Anda.

Buat Anda yang baru lulus kuliah, coba luangkan waktu beberapa menit saja untuk membaca tips-tips ini. Tips-tips ini mungkin terlihat sederhana. Tapi saat Anda sudah berhasil mengikutinya, maka jalan kesuksesan karier Anda akan makin terbuka lebar.

    Pilih Pekerjaan yang Sesuai dengan Minat Anda

    Para lulusan baru seringkali menghadapi dilema yang satu ini. Di satu sisi ingin segera mendapat pekerjaan. Tapi di sisi lain pekerjaan yang didapat tak benar-benar sesuai dengan minat dan hobi Anda. Mulai dari sekarang, Anda harus lebih spesifik dalam menentukan tujuan dan target karier Anda. Anda harus tahu apa sih yang sebenarnya ingin Anda dapat dari pekerjaan Anda. Dengan begitu, terjun ke dunia kerja tak akan terlalu menakutkan lagi.

    Cari Pakar atau Seseorang yang Bisa Jadi Panutan Anda

    Supaya nantinya Anda tak kehilangan arah dalam berkarier, segeralah cari pakar atau seseorang yang bisa jadi panutan Anda. Temukan orang yang bisa Anda ikuti jejak pengalaman hidup dan perjuangannya. Belajarlah dari pengalamannya. Saat di dunia kerja, Anda akan dihadapkan dengan berbagai tantangan baru yang belum pernah Anda dapati sebelumnya. Untuk bisa menghadapi semua tantangan itu, jangan ragu untuk berguru pada seseorang yang sudah lebih dulu sukses.

    Jangan Jadi "Kutu Loncat"

    Banyak sekali lulusan sarjana yang memiliki kebiasaan jadi "kutu loncat". Maksudnya baru bekerja sebentar di sebuah perusahaan, sudah ingin resign dan cari pekerjaan di tempat lain. Lalu hobi pindah tempat kerja hanya karena merasa kurang cocok. Padahal, kebiasaan ini bisa memberikan citra buruk pada diri Anda sendiri, lho Ladies. Anda akan dianggap tak memiliki dedikasi dan komitmen kuat dalam bekerja. Pada akhirnya, Anda akan makin susah dilirik oleh perusahaan-perusahaan besar.

    Temukan Keistimewaan atau Spesialisasi Kemampuan Anda

    Apa yang paling membuat Anda bisa menonjol dan mampu bersaing dengan yang lainnya di dunia kerja? Salah satunya adalah spesialisasi dan keistimewaan dari kemampuan yang Anda punya. Temukan setidaknya satu saja kemampuan Anda yang jarang dimiliki orang lain dan masih banyak dibutuhkan. Lalu fokuslah untuk terus mengasah kemampuan tersebut.

Ladies, saat Anda sudah menentukan langkah yang tepat di awal karier Anda, jalan Anda untuk mencapai kesuksesan akan terasa lebih mudah. Apapun jalan karier yang Anda pilih, semoga sukses selalu dan berhasil ke depannya!



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading