Sukses

Lifestyle

4 Trik Sederhana Bikin Foto Makanan Kamu Jadi Instagramable Banget

Ladies, zaman sekarang banyak orang yang merasa ritual makan belum lengkap tanpa acara foto-foto. Yang difoto apalagi kalau bukan makanan. Pengalaman kami, ada seorang teman yang rela naik meja hanya demi mendapatkan foto makanan yang katanya "Instagram-able banget".

Ya, sejak kemunculan aplikasi social media bernama Instagram, tren fotografi menjadi bergeser. Kalau dulu hanya mereka yang memiliki kamera professional yang berani memamerkan karyanya, kini bermodalkan kamera handphone pun foto-foto yang cantik bisa dihasilkan.

Ngiri nggak sih melihat akun-akun Instagram yang punya foto-foto makanan cantik-cantik dan menerbitkan selera makan? Psst, tim Vemale.com akanĀ  membagikan trik bikin foto makanan kamu supaya jadi Instagram-able banget.

(vem/wnd)

Pencahayaan

Cahaya terbaik dalam fotografi makanan menggunakan smartphone adalah cahaya matahari alami. Meskipun begitu jangan melupakan unsur backlight dalam foto makanan yang akan memperjelas tekstur obyek terlihat lebih menggiurkan.

Dengan penataan backlight yang tepat akan memberikan unsur dramatis, misalnya uap atau asap dari makanan yang terlihat jelas. Hmm, foto sosis bakar yang kamu abadikan bisa bikin ngiler se-jagad dunia maya deh!

Komposisi

Pastikan foto makanan yang kamu ambil komposisinya tepat. Sepiring nasi goreng dengan telur mata sapi yang difoto sebaiknya tampak jelas menyeluruh, tidak terpotong sudut-sudutnya dalam frame foto. Atau, jika ada semangkuk mie ayam dan sendok garpu serta rempah-rempah sebagai pemanisnya, tentukan fokus obyek foto kamu sehingga orang yang melihat langsung dapat menangkap makna dari hasil jepretanmu.

Latar Belakang

Pastikan wadah yang kamu gunakan bersih dan enak dilihat ya. Kebanyakan food photographer menggunakan piring dan alas berwarna putih polos. Warna putih polos akan memberikan efek mewah, bersih dan tidak membiaskan fokus obyek makanan yang dijepret.

Edit Foto

Mengambil foto menggunakan kamera smartphone hasilnya tentu tidak sebaik kamera professional. Tetapi sekarang ada banyak aplikasi untuk mengedit foto di Android atau iPhone yang dapat membantu kamu memperindah hasil jepretan, misalnya VSCOCam atau Snapseed.

Edit foto seperlunya saja, misalnya meningkatkan pengaturan cahaya atau kontras. Usahakan jangan mengubah warna asli foto makanan yang kamu jepret karena akan mengurangi esensi keasliannya.

Nah, itu dia tips-tips dasar foto makanan yang bisa kamu praktekkan supaya foto kamu jadi Instagram-able banget. Banyak berlatih, dijamin deh foto kamu di Instagram akan mendapat banyak like. Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading