Sukses

Lifestyle

Efektif dan Efisien, Yuk Bersihkan Rumah Dengan Bahan Alami Ini

Membersihkan rumah penting dilakukan setiap hari untuk menjaga kesehatan para penghuninya. Namun bahan-bahan pembersih yang digunakan justru bisa jadi 'bumerang' dan membahayakan kesehatan. Dijelaskan dalam laman www.huffington.com, beberapa produk pembersih mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi lingkungan juga manusia.

Berdasarkan studi yang dilakukan Environmental Working Group di Amerika, 53 persen produk pembersih diduga memiliki bahan kimia yang bisa merusak paru-paru. Ada pula yang mengandung karsinogen (zat pemicu kanker seperti formaldehyde dan chloroform.

So, ada baiknya jika Anda lebih berhati-hati dalam memilih dan menggunakannya. Sebagai alternatif pembersih rumah, Anda juga bisa memanfaatkan bahan dari alam, seperti bahan-bahan alami yang dikutip dari laman www.femalefrst.co.uk, berikut ini.

  • Cuka. Cuka ideal untuk membersihkan lantai, furnitur serta perabotan lainnya yang terbuat dari kayu. Campurkan 30 ml cuka dengan 3 liter air untuk menyingkirkan noda serta kotoran tanpa meninggalkan bau yang tidak sedap. Ketika dicampur dengan air, keasaman cuka hanya sekitar 10 persen dan itu cukup efektif membersihkan kotoran tapi baunya tidak terlalu menyengat.
  • Lemon. Buah berwarna kuning ini sesuai untuk membersihkan permukaan pada perabotan. Selain membersihkan, lemon juga bisa membunuh kuman serta bakteri, dan meninggalkan aroma citrus yang segar. Paling cocok digunakan untuk perangkat dapur seperti kompor gas, tempat cuci piring atau kran air. Campurkan beberapa tetes air lemon dengan 1 liter air, lalu kocok hingga tercampur dan larutan pembersih alami ini pun siap untuk Anda gunakan.
  • Garam. Garam bisa meluruhkan minyak dan lemak pada oven, bahkan kotoran atau kerak membandel sekalipun. Basahi permukaan perabotan yang akan dibersihkan, lalu taburkan garam di atas kotoran. Diamkan beberapa saat hingga garam menjadi basah, lalu bersihkan dengan lap atau sikat halus.


Nah, itulah beberapa bahan alami yang efektif dan efisien digunakan untuk membersihkan rumah. Selamat mencoba, Ladies!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading