Sukses

Lifestyle

Ngeri! Beredar Susu Yang Dicampur Deterjen

Masih ingat dengan kasus beras plastik yang sempat heboh dan membuat kita semua merasa miris? Makanan yang semula kita anggap baik bagi kesehatan dan pertumbuhan rupanya justru sangat berbahaya bagi kesehatan. Belum hilang rasa takut dan miris akan adanya beras plastik, kali ini dunia kembali dikejutkan dengan penemuan susu yang mengandung deterjen dan beberapa bahan kimia lain di India.

Ya, dikutip dari laman zeenews.india.com, lebih dari 68 persen susu yang beredar di pasar di India terkontaminasi oleh deterjen, soda akuistik, glukosa, cat bahkan minyak sulingan. Menteri Sains dan Teknologi India yakni Hars Vardhan mengatakan bahwa temuan ini benar adanya. Para ahli di sana telah melakukan penelitian di laboratorium untuk mengetahui kandungan nutrisi pada susu yang beredar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak susu yang beredar telah terkontaminasi bahan kimia yang begitu berbahaya bagi kesehatan.

Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Beberapa sumber yang lain menyebutkan bahwa sebenarnya keberadaan susu yang mengandung deterjen ini telah ditemukan di beberapa kota besar di India pada tahun 2011 lalu. Tak hanya mengandung deterjen, beberapa susu juga ditemukan mengandung bahan sintesis yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Berdasarkan data yang ada di tahun 2012, India sendiri dikatakan sebagai salah satu negara penghasil susu segar terbesar di dunia. Dalam sehari, susu segar yang dihasilkan bisa mencapai 45 juta liter perhari. Namun sangat disayangkan, susu di sana ternyata terkontaminasi oleh bahan kimia berbahaya. Padahal beberapa negara tetangga kerap kali mengimpor susu dari negara India ini.

Atas temuan ini, pemerintah India sedang melakukan berbagai cara untuk menghentikan kasus pemalsuan susu. Pemerintah di India juga sedang mengembangkan peralatan teknologi berbasis GPS yang bisa mendeteksi di mana susu palsu itu pertama kali dibuat. Duh, temuan yang begitu mengerikan ya? Nggak bisa membayangkan apa jadinya jika kita minum susu yang mengandung bahan kimia khususnya deterjen. Apalagi, jika susu tersebut diminum dalam jangka waktu yang lama.

Semoga, masalah ini bisa segera diusut dengan baik sehingga peredaran susu palsu khususnya yang mengandung deterjen atau bahan sintesis tak pernah terjadi lagi.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading