Sukses

Lifestyle

Perhatikan Kebersihan 4 Benda Ini, Untuk Menjaga Kesehatan Anak

Anak-anak, terutama di usia balita rentan terkena alergi atau asma. Reaksi tersebut bisa dipicu oleh lingkungan rumah yang tidak bersih.

Agar anak aman dan terhindar dari kuman, bakteri dan kotoran yang menyebabkan iritasi, gatal-gatal atau sesak napas,  kebersihan dan higienitas rumah wajib untuk selalu diperhatikan.

Disebutkan dalam laman galtime.com, ini  benda-benda yang wajib selalu diperhatikan kebersihannya, agar anak-anak terhindar dari risiko infeksi kuman dan bakteri, maupun kotoran penyebab penyakit.

Bantal. Untuk anak yang rentan terkena alergi maupun asma, pastikan untuk menggunakan bantal tidur yang terbuat dari bahan sintetis; bukan dari bulu atau serat tanaman yang berpotensi menimbulkan alergi. Gunakan juga sarung bantal dan selimut berlabel anti-allergen atau hypoallergenic. Umumnya terbuat dari serat katun organik atau rayon. Selain itu, pastikan untuk mencuci sarung bantal minimal satu kali seminggu dan bantal dua kali setahun. Gantilah bantal setiap tiga tahun sekali untuk mencegah bakteri menumpuk dan menimbulkan gatal-gatal hingga iritasi pada anak.

Tirai Kamar Mandi. Hindari penggunaan tirai mandi yang terbuat dari bahan vinyl karena cenderung mudah terkena jamur. Sebaiknya pakai tirai dari bahan nilon. Selain lebih aman, harganya juga lebih terjangkau dibandingkan dengantirai berbahan vinyl.

Sarung Sofa. Produk furnitur sekarang ini umumnya didesain menggunakan sarung sofa atau kursi, sehingga bisa dilepas untuk dicuci dan kemudian dipasang kembali. Pilihlah furnitur seperti ini agar bisa dicuci secara berkala. Cuci sarung sofa/kursi minimal enam bulan sekali.

Lantai. Ubin dari keramik atau kayu adalah pilihan ideal untuk melapisi lantai. Tapi pastikan untuk mem-vacuum dan membersihkannya setiap hari untuk menghilangkan kotoran dan debu. Jika ingin menggunakan karpet, pilih jenis permadani dari suede atau wool yang tidak mudah menyimpan kotoran. Jangan lupa menyedot debunya minimal satu minggu sekali.

Kebersihan pangkal kesehatan. Jadi, pastikan Anda selalu memperhatikan kebersihan benda-benda ini agar anak terhindar dari risiko terinfeksi bakteri, kuman, ataupun kotoran pembawa penyakit ya, Bunda. Semoga bermanfaat!

 

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading