Sukses

Lifestyle

Ini 7 Cara Agar Bisa Diterima Kerja Dalam Sekali Wawancara

Apa yang sebaiknya kamu persiapkan sebelum menghadapi wawancara kerja? Mungkin memikirkan hal ini saja kamu sudah merasa deg-degan. Wawancara kerja terkadang memang menjadi hal yang menakutkan, dan ketakutan terbesar seseorang ketika menghadapi hal ini adalah kegagalan.

Interview memang terkadang mengintimidasi, membuat grogi dan menyembunyikan dirimu yang apa adanya. Tapi jangan dahulukan rasa panik, karena sekian hal inilah yang perlu kamu persiapkan sehingga interview kerjamu nanti lancar.

    Lakukan research

    Ini adalah hal nomor satu yang paling penting dilakukan. Cari tahu sebanyak-banyaknya info profil perusahaan yang kamu lamar, visi-misi, kelebihan dan berjalan di bidang apa. Alasannya simpel, karena 47 persen manajer atau atasan yang mempekerjakan karyawan akan langsung mengeliminasi kandidat yang hanya memiliki sedikit pengetahuan tentang perusahaannya.  Tak masalah seberapa percaya diri, yakin dan kompeten dirimu.

    Persiapkan pertanyaan

    Sebagian besar waktumu pasti akan diminta untuk mengenalkan siapa dirimu, dna kamulah yang akan mendapat banyak pertanyaan. Namun jangan lupa, bahwa bertanya balik itu penting. Ini menunjukkan ketertarikanmu yang besar dan mendalam untuk tahu lebih jauh tentang perusahaan. Setelah mengetahui profil, visi-misi, kabar berita tentang perusahaan, pasti akan timbul satu atau 2 pertanyaan, entah itu tentang perusahaan sendiri atau berhubungan dengan ketenagakerjaan.

    Perbarui resume-mu

    Resume-mu adalah salah satu hal terpenting juga. Jika kamu ingin memberi kesan baik pada profil dirimu, kamu harus menunjukkan di halaman depan riwayat kerja yang pernah kamu lakukan, di perusahaan mana saja. Jika belum punya, kamu bisa menyusun data dengan sangat rapi dan detail sehingga informasi penting bisa langsung dilihat.

    Perhatikan body language

    Kamu sudah menyiapkan jawaban cerdas dan percaya diri? Tak cukup, kamu juga perlu tahu apa itu bahasa tubuh. Hal ini bisa memberikan kesan pertama dan memberimu kesan positif maupun negatif. Kamu bisa menaruh kedua tanganmu menyatu di paha (V pose) dengan tubuh tegak dan duduk agak me depan. Ini bisa meningkatkan kepercayaan dirimu.

    Memilih pakaian yang tepat

    Kenakan pakaian yang nyaman, sopan dna rapi. Pilih warna yang aman dan netral seperti hitam dan putih. Jika ingin menggunakan baju berwarna, penelitian mengatakan navy blue adalah warna yang cocok, karena simbol kepercayaan diri, kesetiaan, dan kendali terhadap diri sendiri.

    Belajar bagiamana negosiasi gaji

    Kamu juga harus tahu kamu menghargai dirimu seberapa tinggi dna seberapa pantas untuk mendapatkan gaji. Jangan menghindari topik gaji ketika disinggung oleh pihak yang mewawancara.

    Jangan ragu mengatakan berapa gajimu saat ini di depan mereka (jika kamu punya pengalaman kerja). Hal ini memang harus transparan di kedua belah pihak. Kamu bisa mengatakan berapa gaji yang kamu inginkan, yang nantinya bisa didiskusikan oleh perusahaan.

    Jangan lupa "terima kasih"

    Jangan lupa menunjukkan sikap sopan bahkan saat selesai wawancara. Mengucapkan "terima kasih" di akhir wawancara karena telah memberi kesempatan padamu melakukan wawancara dan memperkenalkan diri. Tak perlu panjang dan basa-basi, cukup singkat, seperlunya dan dari hati saja.

Masih bingung juga bagaimana menghadapi wawancara kerja? Pastikan saja kamu menyiapkan tujuh hal di atas, dan semoga berhasil melalui interview ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading