Sukses

Lifestyle

Kuselalu Berpikir 2 Kali Sebelum Beli Barang Bermerek, Kamu Juga?

Masing-masing orang punya gaya hidup berbeda. Tak terkecuali untuk urusan belanja dan membeli barang-barang yang dibutuhkan. Untuk perkara ini memang tak bisa dihakimi mana yang benar mana yang salah. Toh, pada dasarnya tiap orang punya haknya masing-masing.

Hanya saja, saya pribadi selalu berpikir dua kali sebelum membeli barang bermerek. Dalam artian barang yang harganya super mahal hanya karena mereknya terkenal. Mulai dari urusan sepatu, tas, baju, dan gadget. Selalu ada banyak pertimbangan dan hal-hal yang dipikirkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk beli barang bermerek. Apakah kamu juga berpikir seperti itu?

    Tujuan Belinya: Butuh atau Sekadar Pengen?

    Uang nggak langsung turun dari langit. Apalagi buat kita yang harus bekerja keras untuk menabung dan mengumpulkan uang sedikit demi sedikit, pastinya nggak bisa sembarangan untuk membelanjakan dan menghabiskannya. Setiap kali mau beli barang yang agak mahalan, langsung berpikir dua kali, belinya karena butuh atau cuma karena pengen dan ikut-ikutan? Dan akhirnya kembali memikirkan soal prioritas yang dimiliki. Jangan sampai mengorbankan hal lain yang lebih penting cuma demi membeli sebuah barang yang sebenarnya nggak begitu kita butuhkan.

    Makan Gengsi Nggak Akan Pernah Bikin Kenyang

    Saya sendiri memang bukan tipe orang yang gila merek. Meski ya sekali dua kali bisa khilaf beli barang yang sebenarnya nggak terlalu dibutuhkan. Yang saya rasakan adalah saya nggak akan pernah bisa kenyang dan puas kalau selalu makan gengsi. Ikut-ikutan tren tanpa memahami situasi dan prioritas sendiri bakal bikin kita capek sendiri.

    Kira-Kira Bisa Ditunda Nggak Belinya?

    Selain soal butuh atau cuma pengen, perkara "urgent" ini juga jadi pertimbangan. Kira-kira beli barangnya bisa ditunda nggak? Atau memang harus sekarang banget belinya? Atau malah ada opsi lain untuk sebaiknya tak membeli barang bermerek itu dan membeli yang lain dengan kualitas yang nggak kalah jauh? Hal ini memang sering bikin galau dan dilema sendiri. Kalau nggak dibeli, kepikiran. Tapi kalau dibeli, takutnya nanti ada rasa kecewa. Bingung deh.

    Barangnya Bisa Dibuat Investasi Jangka Panjang Nggak?

    Biasanya untuk lebih memantapkan hati dan pilihan saat akan beli barang bermerek adalah yang berurusan dengan investasi. Kalau ada kemungkinan barang itu bisa jadi investasi jangka panjang, ya tak ada salahnya sesekali membelinya. Kalau manfaatnya memang besar dan uang yang dikeluarkan tak sia-sia, nggak apa-apa kali ya untuk membelinya sekarang.

Kalau kamu sendiri bagaimana, Ladies? Selalu berpikir dua kali dan menimbang-nimbang dulu nggak setiap akan beli barang bermerek? Atau kamu termasuk orang yang nggak begitu perhitungan kalau mau belanja atau beli sesuatu yang kamu suka? Share your opinions with us :)



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading