Sukses

Lifestyle

Agar Hobi Bisa Jadi Duit, Ikuti Langkah Ini Ladies!

Mendapatkan penghasilan dari hobi atau sesuatu yang kita suka? Wah, pastinya bakal menyenangkan sekali, ya. Aktivitas bekerja pun nggak terasa jadi beban. Karena kita sudah suka dengan apa yang kita kerjakan, maka yang terasa berat pun dibikin enjoy aja.

Untuk mengubah hobi jadi sumber penghasilan, jelas ada usaha yang harus kita lakukan. Tak mungkin rasanya cuma menunggu uang datang dengan sendirinya kalau kita tak melakukan apa-apa. Setidaknya kamu harus mengikuti langkah-langkah paling sederhana ini untuk bisa mendapat penghasilan dari hobimu.

Jadilah Mahir di Bidang Hobimu Tersebut
Galilah potensimu dan bekali dirimu dengan pengetahuan serta pemahaman yang mumpuni. Ambil contoh, kamu punya hobi di bidang menulis. Maka, kamu perlu berusaha keras untuk meningkatkan kemampuan menulismu. Berlatihlah banyak-banyak dan cari tentor atau ikuti kelas menulis untuk membuatmu mahir.

Buat Portofolio Karyamu Sendiri
Karya apa saja yang sudah kamu buat dari hobimu tersebut? Sekarang saatnya untuk merapikan dan menyusunnya jadi portofolio yang menarik. Portofolio ini nantinya jadi nilai jualmu pada orang-orang yang nantinya berminat mencari jasamu.

Mulailah dengan membangun profil yang menarik di media sosialmu. Kalau punya blog, rapikan blogmu dan tampilkan karya-karya yang pernah kamu buat. Punya prestasi atau pencapaian dari hobi yang kamu lakukan? Masukkan juga dalam portofolio karyamu.

Minta Testimoni atau Referensi dari Orang Lain
Misalnya, kamu seorang desainer grafis. Suatu hari kamu pernah membuatkan logo untuk bisnis yang dijalankan oleh temanmu. Dari sini, minta temanmu untuk memberikan testimoni. Tampilkan testimoni itu juga di akun media sosial dan portofoliomu. Siapa tahu orang lain akan tertarik menggunakan jasamu setelah membaca testimoni dan referensi tersebut.

Buat Tutorial atau Bagi Ilmu dari Hobimu
Kamu harus bisa memberi nilai tambah pada dirimu dan hobi yang kamu geluti. Berbagilah pada orang lain tentang hal-hal yang kamu kuasai dari hobimu tersebut. Bisa dengan membuat tutorial atau membuat tulisan tentang hobi yang kamu lakukan tersebut. Ini pun bisa jadi salah satu teknik marketing untuk mengundang orang tertarik menggunakan jasamu.

Temukan Pasar atau Calon Klienmu
Nah, saatnya bergerak untuk mencari pasar atau calon klien yang akan menggunakan jasamu. Cara termudah adalah dengan bergabung di situs yang menghubungkan klien dengan para pekerja lepas (freelancer). Tunjukkan kualitas terbaikmu dan buat daftar kualifikasi yang meyakinkan untuk bisa menarik perhatian calon klien.

Hobi apa saja bisa jadi sumber penghasilan tambahan. Asalkan memang kita mau fokus dan berkomitmen mengembangkan hobi yang kita punya jadi sesuatu yang menjual.

Ladies, kalau kamu sendiri punya tips-tips tambahan lain nggak dalam usaha mengubah hobi jadi sumber penghasilan?

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading