Sukses

Food

6 Cara agar Daging Nggak Alot Waktu Dimasak, Tipsnya Simpel!

Mengolah daging, baik itu daging ayam, daging sapi, maupun daging kambing memang perlu teknik sendiri. Bahkan kadang ada yang sudah direbus cukup lama tapi nggak empuk juga. Malah jadinya alot dan nggak enak dimakan.

Agar daging nggak alot, ada tips-tips yang bisa kita ikuti. Dan tips-tipsnya sebenarnya simpel dan gampang kok. Nggak terlalu ribet dan bisa langsung dicoba. Yuk, langsung ikuti tipsnya dan segera dicoba langsung waktu memasak.

 

Buat Irisan atau Potongan Melebar

Ikuti serat daging, potong dengan arah melebar. Buat irisan atau potongan melebar. Tapi, jangan terlalu tebal karena bisa membuat daging sulit dikunyah. Juga ingat bahwa daging yang dimasak bisa makin menyusut dan padat. Jadi benar-benar perkirakan irisan dan ketebalannya, ya.

 

Pukul dengan Alat Pemukul Daging

Tahu kan dengan alat khusus pemukul daging? Biasanya terbuat dari baja atau ada juga yang dari kayu. Bentuknya seperti palu dengan kepala kotak yang memiliki gerigi di permukaannya. Agar daging nantinya bisa lebih empuk, pukul-pukul dulu kedua sisinya secara merata.

 

Gunakan Daging yang Tak Beku

Daging yang akan dimasak harus dalam keadaan sudah lunak. Jangan yang masih beku atau dingin tapi yang suhunya pas (suhu kamar). Biasanya daging dingin atau bahkan beku yang langsung dimasak cenderung alot hasilnya. Kalau dagingnya masih beku, cairkan dulu di suhu ruang baru bisa dimasak kemudian.

 

Rebus dalam Air yang Sudah Mendidih

Ini adalah cara yang paling sederhana dan dasar. Rebus daging dalam air yang sudah mendidih. Dengan begitu daging akan lebih mudah lunak dan menyerap bumbu. Hasilnya pun akan lebih lembut dan gurih.

 

Kalau Dagingnya Terlalu Alot, Lunakkan dengan Nanas

Parut atau lumatkan buah nanas segar. Lalu balurkan atau bubuhkan pada daging. Diamkan selama 10-20 menit. Kemudian cuci, baru setelah itu masak atau olah sesuai dengan kebutuhan. Cara ini bisa membuat daging lebih lunak saat dimasak.

 

Bungkus dengan Daun Pepaya

Tahukah kalau daun pepaya mengandung enzim papain yang berfungsi sebagai pelunak serabut daging? Cuma harus pilih daun pepaya yang masih muda, ya. Jadi, remas-remas dulu daun pepaya muda hingga keluar getahnya, lalu bungkus daging secara merata. Diamkan dulu sekitar 30 menit sebelum dimasak. Cara ini cocok untuk daging sapi atau daging kambing yang akan diolah dengan cara dibakar seperti sate atau steak.

So, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhanmu, Sahabat Fimela. Pilih cara yang paling mudah dan simpel sesuai dengan daging yang akan kamu olah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading