Sukses

Lifestyle

5 Trik Nyeleneh Memotong Bawang Merah Biar Nggak Pedih di Mata

Memotong bawang merah kadang jadi drama sendiri. Mungkin kamu juga pernah mengalaminya, saat baru mengiris atau merajang satu butir bawang merah tapi air mata sudah bercucuran nggak karuan. Bikin nggak nyaman banget, kan?

Tapi ternyata ada sejumlah tips dan trik yang aneh juga nyeleneh yang bisa dicoba untuk mengatasi persoalan itu. Kali ini Vemale akan bagikan lima trik yang bisa kamu coba. Soal mana yang paling ampuh dan berhasil, setiap orang mungkin punya jawaban yang berbeda.

    Memotong Sambil Mengunyah Permen Karet

    Tahukah kalau kegiatan mengunyah saat memotong bawang merah bisa membantu proses hirup uap bawang lebih cepat? Kamu bisa menyiasatinya dengan mengunyah permen karet saat memotong bawang merah. Saat otot wajah dan mata bergerak aktif ketika mengunyah, kamu bisa terhindar dari mengalami mata pedih.

    Bernyanyi dengan Suara Nyaring Saat Memotong

    Cara yang satu ini juga tak kalah unik. Bernyanyilah dengan suara nyaring saat memotong bawang merah. Kenapa? Begini, saat kamu bernyanyi, kamu akan lebih banyak bernapas melalui hidung. Di sini, udara yang mengandung senyawa belerang yang keluar dari bawang merah bisa gampang tersedot ke dalam hidung. Dengan kata lain, jumlah senyawa yang menyebabkan mata pedih itu bisa dicegah agar tak masuk ke mata. Pilih lagu dengan nada panjang agar bisa bernapas lebih banyak lewat mulut juga.

    Memotong di Dekat Kipas Angin

    Saat akan memotong bawang merah, letakkan kipas angin yang menyala di samping atau dekatmu. Angin yang keluar dari kipas angin akan membantu menerbangkan senyawa penyebab mata pedih jauh dari kita.

    Menyalakan Lilin di Samping Talenan yang Dipakai

    Nyalakan lilin di samping talenan tempat kamu mengiris bawang merah. Panas yang dikeluarkan dari lilin yang menyala ini nantinya bisa membakar senyawa penyebab mata pedih. Hm, tertarik mencobanya?

    Letakkan Wadah Berisi Garam

    Garam diyakini bisa bantu menetralkan uap bawang penyebab mata pedih. Jadi saat akan memotong bawang merah, letakkan wadah khusus berisi garam di dekat talenan. Cara yang satu ini memang sangat mudah sekali.



Satu lagi tips yang bisa dicoba agar mata tak pedih saat memotong bawang merah adalah menyimpan bawang merah di dalam kulkas atau freezer terlebih dahulu. Bawang yang dingin dipercaya tak akan membuat mata pedih ketika dipotong atau diiris.

Jadi, mau pakai tips yang mana nih, Ladies? Semoga setelah ini nggak ada lagi "drama" waktu memotong atau mengiris bawang merah atau bawang bombay, ya.

(vem/nda)
What's On Fimela
Loading