Sukses

Lifestyle

Waspadai Kanker Serviks

Kanker serviks atau biasa disebut dengan kanker mulut Rahim merupakan salah satu penyakit yang ditakuti banyak wanita. Menurut bidanku.com, kanker ini disebabkan oleh Human Papilloma Virus atau HPV. Virus ini dapat dengan mudah menyebar tidak hanya melalui cairan tapi juga dapat melalui sentuhan kulit.

Sementara, ciri-ciri perempuan yang menderita kanker serviks adalah saat berhubungan intim selalu merasakan sakit, bahkan sering diikuti adanya perdarahan. Biasanya juga mengalami keputihan yang disertai dengan pendarahan yang jumlahnya berlebih.
Juga akan sering merasakan sakit di daerah pinggul saat buang air kecil. Sementara saat menstruasi darah yang keluar jumlahnya akan banyak dan berlebih.

Pada saat perempuan mengalami stadim lanjut, bagian paha akan merasa sakit dan salah satu paha akan membengkak, nafsu makan berkurang, berat badan tidak stabil, susah untuk buang air kecil, dan mengalami perdarahan spontan. Sementara, untuk penyebabnya, pengobatankankerserviks.web.id menyebutkan ada dua faktor.

Yang pertama adalah faktor alami yaitu umum. Usia diatas 40 tahun biasanya rentan terserang penyakit Kanker Serviks ini. Namun di jaman sekarang, usia muda juga bisa saja terserang penyakit ini.

Tapi pada Kanker Serviks ini tidak ada faktor keturunan, jadi walaupun keluarga anda tidak ada riwayat penyakit kankernya ini bukan berarti anda dapat dibilang aman dari penyakit Kanker serviks ini.

Faktor kebersihan seperti keputihan yang tidak diobati, pemakaian pembalut yang mengandung bahan kimia berbahaya, atau karena membasuh organ seksual dengan air yang tidak bersih. Berhati-hatilah mulai sekarang ya ladies.

Oleh: Fadhila Eka Ratnasari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading