Sukses

Lifestyle

Cara Cerdas Menangani Herpes

Anda tentunya masih ingat mengenai pepatah mencegah lebih baik dari pada mengobati, bukan? Memang sangat benar adanya, mewaspadai tertularnya penyakit seksual menular jauh lebih baik dari mengobatinya. Bahkan beberapa penyakit seksual menular tidak dapat disembuhkan, seperti contohnya herpes.

Herpes merupakan penyakit menular seksual yang ditularkan oleh virus. Penyakit ini tidak dapat disembuhkan, namun dapat dikurangi rasa sakitnya dengan memberikan obat anti virus. Obat ini juga dapat digunakan untuk mebuat luka yang diakibatkan herpes ini cepat mengering.

Obat anti virus untuk herpes ini dapat mengurangi rasa gejala-gejala awal dari penyebaran wabah herpes, seperti rasa gatal dan rasa nyeri pada daerah yang terinfeksi. Pemberian obat ini juga dapat membantu mengurangi penyebaran herpes. Jadi area yang terinfeksi herpes tidak semakin menyebar luas.

Selain menggunakan obat-obatan, anda juga dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari herpes dengan mengenakan pakaian-pakaian yang berbahan lembut dan tidak panas. Herpes merupakan infeksi yang sering terjadi pada bagian vital. Untuk itu, mengenakan celana yang nyaman yang tidak panas dapat mengurangi rasa nyeri pada herpes.

Selain itu, laman health.nytimes.com juga menyarankan agar anda menggunakan air hangat ketika anda mandi. Air hangat dapat membuat rasa gatal pada daerah yang terinfeksi herpes berkurang. Anda akan merasa lebih nyaman apabila mandi menggunakan air hangat.

Oleh: Ratna K. D.

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading