Sukses

Lifestyle

7 Tips Menjaga Hubungan Jarak Jauh

Berada dalam hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR) bisa dibilang cukup berisiko. Fakta bahwa Anda berada jauh dari pasangan tentu membuat bayangan akan putusnya hubungan akan terasa semakin nyata. Namun, hal tersebut bukan berarti Anda tidak dapat berhasil dalam sebuah hubungan jarak jauh.

Penyesuaian diri baik Anda dan pasangan dapat membantu keberhasilan hubungan. Nah, berikut ini ada 7 tips menjaga hubungan jarak jauh yang dilangsir dari situs wikihow.com.

Berkomunikasi setiap hari
Bersyukurlah Anda hidup di era kecanggihan teknologi sehingga komunikasi pun dapat dilakukan dengan berbagai cara yang praktif dan mudah. Sempatkan waktu setiap hari untuk menceritakan kegiatan sehari-hari melalui telepon, sms, surel, atau instant messenger. Anda dan pasangan juga dapat memanfaatkan video call yang memungkinkan Anda berdua untuk saling bertatap muka.

Memanfaatkan waktu dengan fleksibel
Lakukan yang terbaik agar komunikasi setiap hari bisa berjalan dengan lancar. Apabila Anda memiliki jadwal yang sibuk, maka beri tahu pasangan bahwa Anda memiliki waktu terbatas dan usahakan untuk mengirim pesan singkat atau telepon singkat. Jika Anda ada di pihak yang tidak terlalu sibuk, maka manfaatkan waktu untuk memulai hobi baru, berolahraga, atau membaca buku.

Saling berkunjung
Sebuah hubungan tidak dapat berjalan dengan baik jika hanya memanfaatkan telepon dan pesan saja. Sebisa mungkin Anda dan pasangan saling mengunjungi satu sama lain dan maksimalkan waktu bertemu tersebut dengan baik. Apabila memungkinkan, Anda berdua juga dapat merencanakan liburan ke suatu tempat bersama.

Saling mengenal satu sama lain
Sama seperti hubungan pada umumnya, Anda dan pasangan juga perlu saling mengenal dan memahami satu sama lain. Berada jauh dari kekasih bukan berarti Anda tidak memedulikan hal-hal yang disukai pasangan. Ketahui hobi, aktivitas sehari-hari, kegiatan baru pasangan Anda sehingga Anda tidak merasa jauh meskipun jarak memisahkan.

Beri dukungan
Pastikan Anda selalu ada bagi pasangan saat ia sedang sakit, berada dalam masalah, dan berbagai momen-momen penting lainnya. Usahakan Anda ada secara fisik berada di sampingnya saat ia membutuhkan kehadiran Anda. Namun, jika tidak memungkinkan, maka usahakan Anda tetap mendukungnya dan membantunya memberikan solusi.

Melakukan kegiatan seperti biasa
Ceritakan pada pasangan hal-hal yang terjadi pada hidup Anda termasuk hal-hal yang membosankan di hari ini. Buatlah diri Anda terbiasa dengan jarak yang memisahkan, namun tidak sampai melupakan pasangan. Lakukan kegiatan seperti biasanya dan berhenti menangisi pasangan yang berada jauh dari Anda.

Membangun kepercayaan
Belajarlah untuk memercayai pasangan dan menjadi orang yang dapat dipercaya oleh pasangan. Hindari merasa cemburu dan marah saat tidak mengetahui kegiatan pasangan. Saling memberi ruang kepada satu sama lain justru akan membuat Anda berdua menyadari betapa penting hubungan yang sedang dibina.

Oleh: Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading