Sukses

Lifestyle

Warna Haid Dapat Menggambarkan Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Ketika haid, perempuan sebenarnya bisa mengetahahui kondisi kesehatan tubuhnya. Sahabat Fimela, dapat menganalisa warna darah ketika haid.

Dengan begitu, sahabat Fimela dapat mendeteksi kondisi kesehatan serta mencegah penyakit tersebut. Nah, berikut daftar warna darah haid tersebut.

1. Merah cerah

Jika warna darah menstruasimu merah cerah, sahabat Fimela dalam keadaan normal dan tak ada yang perlu dikhawatirkan. Mayoritas perempuan mengalaminya pada awal siklus menstruasi mereka. Tapi ada yang harus diwaspadai, jika aliran darah berlebihan dan ada kram ekstra menyakitkan, bisa jadi ada yang bermasalah dengan alat reproduksimu.

2. Coklat

Darah menstruasi coklat juga sering dialami oleh beberapa perempuan. Ini dikarenakan suhu tubuh yang sedang tinggi. Ini perlu ditangani dan berkonsultasi dengan dokter jika terjadi dalam waktu yang cukup lama atau kesuburanmu bisa terganggu.

3. Hitam

Beberapa perempuan juga pernah mendapati darah menstruasi mereka yang berwarna hitam. Darah ini umumnya keluar menjelang akhir siklus menstruasi. Ini adalah darah yang disimpan terlalu lama. Biasanya ini sering terjadi pada perempuan yang menderita endometriosis.

4. Darah menggumpal

Beberapa perempuan juga mengalami menstruasi dengan darah-darah yang menggumpal. Sedikit pembekuan darah selama menstruasi baik-baik saja tetapi ketika pembekuan tersebut berlebihan dan sering terjadi setiap menstruasi maka bisa jadi memiliki fibroid. Ini berisiko menyebabkan masalah serius jika tidak dirawat tepat waktu. Segera konsultasikan dengan doktermu.

5. Pink

Jika mengalami menstruasi dengan darah berwarna pink maka bisa jadi kekurangan zat besi dan nutrisi yang masuk dalam tubuh tak seimbang. Bisa jadi ini adalah pertanda pencernaanmu yang tidak beres.

6. Perubahan warna

Apabila dalam satu siklus haid mengalami perubahan warna darah maka ini adalah indikasi bahwa ada ketidakseimbangan hormon tertentu. Hal ini bisa disebabkan karena stres, perubahan gaya hidup dan pola makan juga.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Atlet Olimpiade Perempuan Mengatur Menstruasi saat Bertanding