Sukses

Lifestyle

Tips Mengupas Kulit Udang agar Tidak Menyakiti Tangan

Fimela.com, Jakarta Udang memang menjadi makanan yang enak dimakan dan sangat mudah diolah. Udang dapat diolah menjadi berbagai menu makanan mulai dari goreng, tumis, kukus, panggang hingga bakar. Tapi orang seringkali malas masak udang karena tak suka proses membersihkan dan mengupas kulitnya yang seringkali, jika tidak hati-hati, bisa menyakiti jari.

1. Gunting

Jika ingin membersihkan udang dengan cepat, gunakan gunting. Pertama, putar dan lepaskan semua kepala udang. Atau jika tak mau repot memisahkan kepalanya dengan tangan, bisa juga sekalian menggunting kepalanya. Kemudian gunting kulit pada ujung punggung udang dan teruskan hingga ekor nya, setelah itu bisa ditarik menyeluruh hingga kakinya.

2. Sarung tangan

Jika tak ingin tangan tergores karena kulit udang yang tajam, gunakan sarung tangan plastik. Jika sudah memakai sarung tangan, putar kepalanya dan tarik. Setelah itu kupas manual kulit udang dengan tangan. Agak ribet memang namun akan mengurangi risiko tangan tergores.

3. Pisau

Teknik ini akan lebih efektif jika digunakan pada udang ukuran besar atau paling tidak sedang. Setelah membuang kepalanya, gunakan pisau kecil dengan ujung yang runcing. Gunakan secara terbalik, mata pisau menghadap atas, kemudian tusukkan ke punggung udang hingga ekornya, kemudian tarik memutar agar kakinya ikut terkupas.

4. Direbus dulu

Rebus sebentar udang hingga berubah warna, tiriskan. Merebusnya lebih dulu akan membantu melunakkan kulit udang sehingga lebih mudah dikupas. Bisa menggunakan gunting atau manual dengan tangan setelah menggunakan tangan.

Itu dia beberapa cara mengupas udang agar tangan tidak tertusuk atau tergoreng kulitnya yang tajam. Semoga bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading