Sukses

Lifestyle

Cara Mengatasi Trust Issue Akibat Trauma Masa Lalu

Fimela.com, Jakarta Trust issue biasanya terbentuk atas trauma emosi yang terjadi di masa lalu. Tapi hal ini bukan tak mungkin untuk kita lewati, Ada sejumlah cara yang bisa bangkitkan kamu untuk menjadi pribadi yang lebih positif dan tak terbatas dengan trauma masa lalu.

Trauma masa lalu yang menyebabkan trust issue mampu merusak segala hal, mulai dari hubungan yang sehat bersama pasangan hingga keluarga. Apapun yang kamu alami, tentu tak ada alasan untuk mengatasinya. Penasaran apa saja dan bagaimana cara mengatasinya? Simak selengkapnya berikut ini. 

1. Kenali luka yang kamu alami

Kunci utama yang dapat membuat kamu bangkit dan mengatasi masalah trust issue adalah dengan mulai identifikasi penyebabnya. Ingat secara mendalam apa yang membuat kamu luka hingga menimbulkan trauma. Apakah kecelakaan, trauma masa kecil, patah hati, atau justru kebiasaan buruk.

Untuk mencari tahu, banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya dengan bermeditasi. Jika kamu sudah mengenal luka tersebut, maka perlahan kamu bisa mencari tahu solusinya.

Cara atasi trust issue

2. Rewrite masalah yang terjadi

Setiap momen yang menyebabkan rasa sakit, bahagia, hingga perasaan lainnya di dalam kehidupan mampu menciptakan sebuah pengalaman. Terkadang kita sering terjebak pada masalah tersebut dan selalu menyalahkan orang lain. Usahakan untuk menulis kembali apa yang kamu rasakan sehingga kamu dapat mencermati apa yang terjadi pada diri kamu dan tidak selalu menyalahakan orang lain.

3. Hadapi kesedihan

Apapun yang membuat kamu merasa sedih, hadapilah. Semua pasti akan berlalu. Jangan menghindari masalah hanya karena kamu takut menghadapi kesedihan. Menghidnari masalah hanya akan menghabiskan energi kamu saja. Dan tentu hal ini hanya membuat kamu menghindari masalah yang terjadi. Jadi, usahakanlah untuk menghadapinya secara bijak. Salah satu yang mampu membuat kamu bisa menghadapi dengan tenang adalah dengan berlatih pernapasan. Atur pernapasan di saat kamu menghadapi panik. Hal ini tentu menjadikan tubuh lebih siap.

4. Sembuhkan hati yang terluka

Jika kamu memiliki trust issue akibat trauma kekerasan, maka kamu harus melatih otak untuk lebih berani dan melepas sakit yang dihadapi sehingga tubuh mampu mengatasinya. Atau jika tubuh tak bisa menghadapinya sendiri, maka temui therapist yang dapat membantu kamu agar bisa pulih. Metode yang bisa kamu coba sangat banyak, pilihlah mana yang paling tepat dan nyaman sehingga tubuh bisa pulih dengan lebih baik.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading