Sukses

Lifestyle

Resep Roti Susu Jepang yang Enak dan Lembut

Fimela.com, Jakarta Suka membuat roti sendiri di rumah, tetapi harapan untuk bisa menikmati roti dengan rasa dan tekstur lebut kadang suka gagal? Tidak ada salahnya untuk mencoba resep membuat roti susu Jepang, roti putih yang enak dengan teksturnya yang lebut. Berikut ini bahan dan cara membuatnya.

Bahan

Bahan Campuran

  • 70 gram tepung terigu
  • ½ gelas susu murni
  • ½ gelas air

 

Baca juga:

 

Bahan Adonan

  • 390 gram tepung terigu
  • 28 gram gula pasir
  • 7 gram baking soda
  • 4 gram garam
  • 1 gelas susu
  • 4 sdm mentega (lelehkan)
  • 2 butir telur

Cara Membuat

  1. Siapkan semua bahan
  2. Untuk membuat adonan starter, aduk tepung, susu dan air bersamaan dalam panci sedang dan mengaduknya. Panaskan adonan dengan api sedang dan terus mengaduknya sampai mengental selama 2 menit. Jika sudah matang, tutup dengan plastik, tekan permukaan campuran susu dan tepung untuk memastikannya tidak membentuk kulit. Sisihkan dan biarkan dingin selama 10 menit.
  3. Untuk membuat adonan dalam mangkuk besar, aduk tepung, gula dan baking soda dan garam.
  4. Dalam mangkuk kecil atau gelas ukur, aduk susu dan mentega cair (mentega akan menggumpal). Ukur 1,5 sdm makan campurkan ke dalam mangkuk kecil yang terpisah dan sisakan untuk olesan atas roti.
  5. Tuangkan sisa campuran mentega dan susu ke dalam mangkuk dengan tepung. Tambahkan starter dan telur. Aduk kuat untuk mencampurkan sampai membentuk adonan kasar.
  6. Uleni adonan dalam mangkuk hingga membentuk bola besar kasar (Sebagai alternatif, dapat menggunakan mixer duduk untuk seluruh langkah ini).
  7. Jika adonan sudah siap, gulingkan di atas meja yang bersih dan uleni hingga halus sekitar 5 menit. Jika adonan mulai menempel di meja atau tangan, tambahkan 1 sdm tepung pada saat dibutuhkan. Lumuri mangkuk besar dengan sedikit mentega. Tambhakan adonan, tutup rapat dengan plastik dan sisihkan di tempat hangat hingga mengembang selama 1 jam.
  8. Olesi loyang dengan mentega. Bagi adonan menjadi 4 bagian yang sama besar. Pipihkan adonan menjadi persehi dengan ketebalan 6-10 inci. Lalu lipat adoanan menjadi 3 lipatan.
  9. Jika adonan sudah selesai dibentuk, diamkan adonan dan tutup dengan kain selama 30 menit. Kemudian olesi adoanan dengan mentega kemudian panggang di dalam oven.
  10. Jika sudah matang angkat dan dinginkan selama 20 menit. Dan roti susu Jepang langsung bisa dinikmati.

Selamat mencoba!

 

Baca juga:

 

#Changemaker

 

Baca juga:

 

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Makanan yang Harus Dihindari agar Berat Badan Tetap Ideal