Sukses

Lifestyle

8 Tips Atasi Sembelit Pada Saat Puasa

Fimela.com, Jakarta Pada saat puasa, perut kosong bisa menimbulkan gangguan kesehatan, seperti sembelit. Sembelit adalah susah buang air besar. Sembelit bisa disebabkan karena pola makan yang kurang serat, dan karena pengaruh obat-obatan.

Saat berpuasa, tubuh tidak kemasukan makanan dan minuman selama lebih dari 12 jam. Sehingga bisa menyebabkan sistem pencernaan kurang lancar.

Agar tidak sembelit pada puasa, berikut 8 tips mengatasi sembelit, yang sudah dirangkum dari beberapa sumber:

Mengurangi Makanan Berlemak

Agar tidak sembelit pada saat berpuasa, hindarilah mengonsumsi makanan yang berlemak, dan makanan yang mengandung kolesterol. Makanan berlemak biasanya terdapat pada gorengan. Usahakan pada saat sahur atau buka puasa, konsumsilah makanan yang bergizi.

Konsumsi Buah dan Sayuran

Untuk mengatasi sembelit pada saat puasa, konsumsilah buah-buahan dan sayuran, karena buah-buahan dan sayuran mengandung serat. Sahabat Fimela bisa mengonsumsi brokoli, wortel, buah kiwi dan lain-lain.

Mengonsumsi makanan yang tinggi serat, bisa membantu mengontrol kadar gula darah pada tubuh. Sehingga pencernaan akan lancar. Serat pada buah-buahan dan sayuran bisa mengikat lemak di tubuh, yang bisa menyebabkan kolesterol. Jika kolesterol terkontrol maka tidak akan tejadi sembelit.

Hindari Mengonsumsi Susu saat Sahur

Agar tidak sembelit, hindari mengonsumsi susu saat sahur. Karena susu bisa membuat asam lambung tinggi. Susu bisa mengganggu sistem pencernaan, jika dikonsumsi pada saat sahur, dan akan mengakibatkan sembelit.

Selain minum susu, produk olahan susu lainnya juga bisa menyebabkan sembelit, seperti mengonsumsi keju.

Perbanyak Konsumsi Serat

Saat sahur atau buka puasa, perbanyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung serat. Serat bermanfaat membantu melancarkan BAB, dan mengatasi sembelit. Serat juga membantu usus berkontraksi memindahkan feses ke rektum.

Pada saat sahur dan buka puasa, konsumsilah makanan yang mengandung jenis serat yang larut, karena bisa membantu menyerap air dan membentuk gel dalam usus untuk melunakkan feses. Serat larut bisa ditemukan pada gandum, kacang-kacangan, brokoli dan lain-lain.

Konsumsi Air Putih

Sembelit seringkali terjadi pada saat puasa. Karena tubuh mengalami kekurangan cairan, dan tubuh sedang dehidrasi. Tips mengatasi sembelit pada puasa, konsumsi air putih yang banyak, pada saat sahur maupun buka puasa.

Tubuh memerlukan cairan, untuk membantu usus besar mengolah sisa makanan menjadi feses, dan melancarkan proses BAB. Tubuh yang kekurangan cairan, akan membuat feses menjadi keras, dan mengakibatkan sakit sembelit.

Tidak hanya mengonsumsi air putih saja. Cairan tubuh bisa didapatkan dari mengonsumsi buah yang mengandung air, dan makan makanan berkuah. Namun jangan mengonsumsi minuman yang bersoda, bahkan minuman yang mengandung alkohol, karena bisa menyebabkan sembelit.

Rajin Olahraga

Walaupun sedang puasa, Sahabat Fimela harus tetap berolahraga, karena bisa membantu mengatasi sembelit. Olahraga bisa membantu menyehatkan tubuh saat berpuasa. Olahraga bisa membantu tubuh menyerap makanan lebih baik, dan membuat usus tetap aktif bergerak.

Usus yang aktif bergerak, bisa membantu proses pencernaan makanan menjadi lebih cepat, sehingga tidak menyebabkan sembelit. Olahraga saat berpuasa tidak harus dilakukan dengan intensitas yang tinggi. Cukup berolahraga dengan intensitas rendah selama 20 hingga 30 menit sebelum buka puasa.

Hindari Stres

Tanpa disadari, beberapa orang sering mengalami stres, baik saat berpuasa maupun tidak. Sembelit juga bisa disebabkan karena stres. Tips mengatasi sembelit yang selanjutnya adalah menghindari stres, pada saat sedang berpuasa.

Isi waktu luangmu dengan melakukan kegiatan positif, seperti membersihkan rumah atau membaca buku. Hal ini bisa membantu mengatasi stres.

Konsumsi Probiotik

Tips mengatasi sembelit pada saat puasa, konsumsilah makanan atau minuman yang mengandung probiotik, seperti yogurt. Makanan yang mengandung probiotik, memiliki bakteri baik yang membantu proses pencernaan, sehingga tidak menyebabkan sembelit.

Yogurt bisa dikonsumsi pada saat buka puasa. Selain membantu mengatasi sembelit, makanan yang mengandung probiotik bisa membantu mencegah radikal bebas.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
6 Penyebab Tidur Mengorok dan Cara Mengatasinya
Artikel Selanjutnya
10 Kutipan Novel Pulang Tere Liye