Sukses

Lifestyle

Kebanyakan Konsumsi Makanan Manis, Lakukan Ini untuk Stabilkan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Kadang saat sudah makan makanan manis seperti keik atau kue kering, rasanya susah untuk berhenti makan sebelum benar-benar kenyang. Bahkan seringkali mengonsumsi makanan manis tidak bisa berhenti karena justru akan makin membuat kita "ketagihan" dan tak bisa berhenti makan. Padahal kondisi tubuh juga perlu diperhatikan. 

Gula darah bisa melonjak saat kebanyakan mengonsumsi makanan manis atau makanan bergula. Hal ini jelas tidak baik untuk tubuh. Apalagi bila gula yang tidak dibutuhkan tubuh menumpuk, nantinya akan diubah menjadi lemak. Hm, nggak mau kan punya tubuh gemuk karena kebanyakan makanan bergula? 

Konsumsi Makanan yang Mengandung Protein dan Serat

Melansir cookinglight.com, untuk menstabilkan gula darah kita bisa mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan serat. Misalnya, bisa segera konsumsi telur rebus dan buah apel untuk menstabilkan kondisi tubuh. Jika kita terus kebablasan mengonsumsi makanan manis atau makanan bergula, dampaknya gula darah akan melonjak dan membuat kita bisa makin merasa lapar padahal kalori yang masuk ke dalam tubuh sudah berlebihan.

Konsumsi Probiotik

Sebuah penelitian dari Oregon State University menemukan bahwa bakteri jahat di dalam usus bisa makin berkembang karena mengonsumsi gula. Hal ini kemudian bisa memengaruhi fungsi kognitif kita. Maka ketika kita sudah kebanyakan mengonsumsi makanan manis, kita perlu memilih jenis makanan yang dapat menghadirkan bakteri baik dalam tubuh. Mengonsumsi probiotik seperti plain yogurt bisa dilakukan.

Biar tidak berlebihan mengonsumsi makanan bergula atau makanan manis, kita perlu benar-benar mengatur porsi makan kita. Selain itu, kita juga perlu mengendalikan stres kita. Karena umumnya saat pikiran sedang stres, maka kecenderungan untuk mengonsumsi makanan manis atau bergula akan meningkat. Stres yang kita rasakan sangat berdampak dan memengaruhi nafsu makan kita.

Satu lagi hal penting yang perlu dilakukan saat kebanyakan mengonsumsi makanan manis, yaitu bergerak. Bisa dengan memperbanyak jalan kaki atau melakukan olahraga ringan. Tujuannya untuk membakar kalori tubuh dan menstabilkan gula darah.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading