Sukses

Health

Daftar Menu Diet Seminggu untuk Pagi, Siang dan Malam yang Bebas Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Setiap perempuan pastinya menginginkan berat badan yang ideal dan postur tubuh yang langsing. Ada banyak cara yang harus dilakukan untuk mendapatkan berat badan yang idel dan tubuh langsing. Salah satunya adalah dengan melakukan diet.

Diet dipercaya bisa efektif menurunkan berat badan dan bentuk badan menjadi ideal. Diet bisa dilakukan dengan cara mengatur pola makan yang menyehatkan, konsisten dan diimbangi dengan olahraga. Diet yang baik dilakukan adalah diet yang tidak menyiksa diri.

Saat melakukan diet, tentu saja Sahabat Fimela harus mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang, seperti serat, karbohidrat, vitamin dan mineral. Program diet ini juga memiliki tujuan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Berikut daftar menu makan diet seminggu untuk pagi siang malam yang bebas kolesterol:

Daftar Menu Makan Diet

Menu Hari Pertama

Di hari pertama memulai diet, Sahabat Fimela harus mempersiapkan mental untuk fokus menjalani diet sehat. Selain itu, hitunglah kalori harian yang dibutuhkan tubuh setiap harinya, lalu buatlah dengan membuatlah jadwal olahraga yang sesuai dengan kebutuhan tubuhmu. Saat pagi hari, konsumsilah sarapan dengan menggunakan telur rebus dan juga telur dadar. Tambahkan setengah porsi nasi dari porsi biasanya. Usahakan saat mengonsumsi sarapan, tidak menggunakan garam atau bumbu-bumbu dapur lainnya.

Untuk makan siang, Sahabat Fimela bisa menggunakan tumisan kacang panjang yang dicampur dengan sosis. Gunakan garam sedikit saja untuk menambah rasa. Saat makan siang usahakan tetap mengonsumsi setengah porsi nasi dari yang biasanya. Saat makan malam, buatlah telur gulung nori, dengan cara menggoreng telur dadar tanpa garam, lalu tambahkan nasi dan nori, kemduian gulung dan potong-potong seperti membuat sushi.

Menu Hari Kedua

Menu hari kedua yang bisa dikonsumsi saat diet sangatlah mudah untuk dibuat. Tentu saja tetap sehat, mengenyangkan dan bisa menambah energi serta mencukupi kebutuhan nutrisi seharian. Untuk sarapan di pagi hari, kamu bisa membuat sup telur dengan menggunakan garam sedikit saja, atau menggunakan kaldu ayam tanpa lemak. Nikmati sup telur yang diberi sayur-sayuran dengan setengah porsi nasi.

Di siang hari konsumsilah ikan goreng atau ikan bakar, yang tinggi protein dan mengandung omega 3. Tambahkan dengan tumisan kangkung yang memiliki rasa gurih, dengan setengah porsi nasi yang mengenyangkan tubuh. Untuk malam hari, makanlah rebusan dada ayam atau dada ayam panggang, dengan rebusan wortel, brokoli dan kentang.

Daftar Menu Makan Diet

Menu Hari Ketiga

Di hari ketiga, bisa mengganti nasi dengan karbohidrat lainnya atau makanan yang berserat, seperti alpukat, gandum, singkong atau kentang. Saat sarapan, konsumsilah oatmeal yang disajikan dengan buah beri-berian. Oatmeal memiliki kandungan tinggi serat, yang bisa membantumu menahan rasa lapar setiap harinya. Buah beri-berian bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh karena mengandung antioksidan.

Makan siang bisa tetap menggunakan setengah porsi nasi. Nikmati nasi dengan olahan sup merah yang kaya akan nutrisi, dengan lauk tempe goreng atau tahu yang kaya akan protein. Saat makan malam, konsumsilah steak daging sapi yang rendah lemak, dengan tambahan kentang rebus dan rebusan sayur-sayuran.

Menu Hari Keempat

Konsisten melakukan diet hingga hari keempat, berarti kamu akan merasakan berbagai manfaat ditubuh kamu. Selain tubuh menjadi lebih ringan, pasti sistem organ yang ada di dalam tubuh menjadi lebih sehat. Untuk itu di hari keempat ini, kamu bisa sarapan dengan mengonsumsi roti gandum yang diberi alpukat dan telur ceplok. Kamu bisa menambahkan sedikit garam untuk menambahkan rasa pada sandwhich.

Pada siang hari, konsumsilah setengah porsi nasi dengan ikan bakar, atau mengonsumsi salmon bakar. Mengonsumsi ikan pada hari keempat, bisa memberikan nutrisi seperti protein, omega 3 dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Saat malam hari, konsumsilah rebusan sayur atau sup sayur tanpa garam, yang bisa disantap dengan setengah porsi nasi.

Daftar Menu Makan Diet

Menu Hari Kelima

Dihari kelima ini, Sahabat Fimela bisa mengonsumsi sayuran-sayuran kesukaan yang memiliki kandungan kaya akan antioksidan, terutama sayuran-sayuran hijau. Karena kandungan antioksidan bisa membantu menjaga daya tahan tubuh dan menurunkan berat badan. Di pagi hari, kamu bisa mengonsumsi salad sayur yang berisi alpukat, selada hijau, timun, bayam, kale dan tomat. Ditambah dengan mengonsumsi minuman jus hijau yang berisi bayam, sawi dan air lemon.

Saat siang hari, konsumsilah lotek, pecel atau gado-gado, yang memiliki banyak nutrisi dan bisa membuat perut kenyang lebih lama. Dan saat malam hari, konsumsilah jus hijau dengan isian sawi, bayam dan air lemon. Lalu mengonsumsi 1 buah alpukat yang sudah matang.

Menu Hari Keenam

Dihari keenam konsumsi lebih banyak buah, untuk menambah kandungan vitamin di dalam tubuh, yang menyehatkan dan membantu menurunkan berat badan. Konsumsilah salad buah yang berisi anggur, beri-berian, apel, pisang, kiwi dan buah pir. Tambahkan sedikit mayonais untuk menyedapkan rasa.

Pada siang hari, konsumsilah ikan bakar yang dibakar dengan buah nanas, dengan setengah porsi nasi yang mengenyangkan tubuh. Saat malam hari, konsumsilah puding buah yang dimasak tanpa gula, atau mengonsumsi 2 buah pisang yang bisa mengenyangkan perut. Makan sebelum jam 7 malam.

Menu Hari Ketujuh

Hari ketujuh adalah hari saat kamu bisa menikmati makanan yang kamu sukai. Saat hari ketujuh ini, menu makan bisa dibuat dengan bahan-bahan yang kamu sukai, atau mengonsumsi makanan kesukaan seperti es krim, donat, pizza atau semacamnya. Namun yang perlu diingat, walaupun hari ketujuh ini adalah hari libur untuk diet, usahakan untuk tetap berolahraga, mengonsumsi gula seperlunya dan tetap makan sesuai kebutuhan kalori harian.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading