Sukses

Lifestyle

Terapi Tertawa Solusi Hadapai Pandemi agar Tidak Mudah Stres

Fimela.com, Jakarta Di masa pandemi Covid-19 ini membuat semua hal berubah, mulai dari pekerjaan, aktivitas, hingga pola hidup. Perubahan ini membuat banyak orang takut dan stres, yang jutsru dapat menurunkan imunitas tubuh.

Padahal, imunitas yang baik diperlukan agar tubuh tidak mudah terserah virus covid-19. Nah, sebenarnya ada cara sederhana agar sahabat Fimela tegar menghadapai pandemi ini, yaitu dengan terapi tertawa.

Ketua Rumah Amalia M Agus Syafii yang juga Pemerhati sosial mengatakan terapi tertawa cara ampuh untuk meredakan ketakutan dan stress tengah pandemi Covid-19 yang terus berlanjut.

Ia menyampaikan solasi atau berdiam diri di rumah berpengaruh terhadap menurunnya kondisi kesehatan mental. Isolasi dikaitkan dengan kesepian, tidak memiliki hubungan sosial, kesepian, kesendirian, stres, dan depresi yang tinggi.

"Di saat-saat seperti ini butuh relaksasi, melepas ketegangan dengan terapi tertawa," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Fimela.com.

Tertawa membantu otak rileks

Agus Syafii juga menyampaikan tertawa merupakan simbol harapan dan kebutuhan terbesar dalam hidup. Terapi ini menjadi salah satu program kegiatan Rumah Amalia untuk anak-anak.

"Tidak bisa menganggap remeh bagaimana tertawa dapat menyembuhkan dan memberikan harapan," tambahnya.

Tertawa dapat membantu otak rileks di saat banyaknya pikiran dan ketakutan selama menghadapi virus corona. Mulai dari kabar kematian, bertambahnya jumlah korban, hingga ketakutan ketiadaan bahan makanan.

Saat tertawa, tubuh mengeluarkan hormon yang menenangkan dan menimbulkan rasa bahagia. Ketika itu pula, organ tubuh bekerja lebih baik.

Dikutip dari Help Guide, penelitian menunjukkan, tertawa dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan suasana hati, mengurangi rasa sakit, dan meredakan stres.

Terapi Tertawa bisa dilakukan dengan berbagi cerita lucu bersama keluarga secara langsung. Dapat pula dengan menghubungi teman melalui video call atau WA. Nonton TV atau di media sosial.

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading