Sukses

Lifestyle

Diary Fimela: Hobi Masak Sedari Kecil, Cindy Karmoko Bagikan Resep Kesayangannya lewat Swell Recipes

Fimela.com, Jakarta Memiliki hobi masak sedari kecil berhasil membuat Cindy Karmoko memperkenalkan Swell Recipe. Perempuan yang dikenal sebagai content creator, influencer, sekaligus digital consultant ini membagikan pengalamannya memulai bisnis kuliner sejak pandemi dengan labelnya sendiri, Swell Recipes.

Awalnya, Cindy mengaku bahwa dirinya hanya sebatas membuat konten memasak selama pandemi. Tidak disangka, banyak orang justru memulai usaha kuliner dari beragam resep yang dibagikan olehnya.

Dari sini, Cindy memutuskan untuk memulai bisnisnya sendiri dengan beberapa resep kesayangannya, yang sebelumnya belum pernah ia bagikan. Kecintaan Cindy pada dunia masak memasak dimulai sejak kecil, ketika sang mama dan tantenya sering mengajarinya memasak.

Tidak berhenti di situ, Cindy justru semakin mendalami keahliannya dalam memasak saat dirinya kuliah di luar negeri. Saat rindu masakan Indonesia, Cindy tidak punya pilihan lain, selain memasak sendiri mengikuti resep pilihan.

 

 

Resep Cindy mendapatkan respon positif dari orang-orang terdekat

Sejak 3 tahun yang lalu, ternyata Cindy telah rajin membagikan risol buatan sang tante. Sampai saat pandemi, dirinya berkeinginan untuk membuat resep risolnya sendiri dan membagikannya ke teman-teman terdekat.

Berangkat dari respon teman-teman terdekat yang sangat positif inilah, Cindy Karmoko akhirnya percaya diri untuk merilis Swell Recipes. Cindy mengaku bahwa bukan hal yang mudah baginya untuk memulai bisnis kuliner.

"Aku harus belajar dari 0 lagi, karena aku buta banget soal jualan. Tantangannya justru saat harus bangun pagi-pagi, ngurusin stok, dan saat harus dealing dengan pelanggan," cerita Cindy ketika dihubungi oleh Tim FIMELA.

Rahasia Cindy berhasil memperkenalkan Swell Recipes

Bukan sekali dua kali Cindy menemui hambatan, mulai dari mengerjakan semuanya hanya bertiga dengan adik dan tantenya, salah kirim paket, hingga manajemen waktu dan kualitas diakui Cindy sebagai kesulitan terbesarnya saat menjalankan Swell Recipes. Sampai saat ini, Swell Recipes telah memiliki 12 menu utama dengan harga mulai dari Rp45.000 untuk menu flower tea hingga Rp965.000 untuk Christmas Hampers dengan pohon Natal mini.

Untuk menu favorit Swell Recipes sendiri, Cindy dengan bangga memperkenalkan Double Choco Brownienya yang telah mendapatkan predikat sebagai brownie terbaik di Jakarta dari beberapa food blogger dan influencer. Untuk kamu yang penasaran, sekarang Swell Recipes menerima pesanan H-1 dengan jasa ekspedisi Paxel atau ada menu biskuit yang bisa dikirim keluar kota dengan jasa JNE.

Menariknya, Swell Recipes juga sudah ada jasa titip hingga ke Singapura. Bagi Cindy, Swell Recipes bukan hanya tentang bisnis kuliner, namun juga tentang apa yang dicintainya.

"Sell what you love to eat or drink. Be original, jangan malas untuk belajar dan research. Mulailah berjualan dari teman terdekat dulu, karena semakin besar audience-nya, nanti akan semakin banyak juga kritiknya. Jadi, make sure you are selling good stuff sebelum dijual. Semua bisa kalau mau usaha," tutup Cindy. Semoga Sahabat FIMELA juga terinspirasi, ya!

#ChangeMaker

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Diary Fimela: Tips Sukses Toko Peralatan Rumah Tangga Online Jual 5.000 Barang dalam Sehari
Artikel Selanjutnya
Diary Fimela: Brand Sepatu asal Bandung Buka Ratusan Lapangan Kerja Baru