Sukses

Lifestyle

DKI Jakarta Bangun Jalur Sepeda Permanen Sepanjang Sudirman-Thamrin

Fimela.com, Jakarta Tren sepeda semakin marak sejak pandemi Covid-19 terjadi. Aktivitas ini kian tinggi peminat. Bahkan kini, pemerintah berencana membangun jalur sepeda permanen di Jakarta. Dilansir dari Liputan6.com, Dinas Perhubungan (Dishub) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun di sepanjang jalan Sudirman-MH Thamrin.

Pembangunan ini adalah bagian dari program Jakarta Rumah Bersepeda. Tujuan pembangunan jalur ini sebagai bagian untuk menjadikan sepeda sebaga moda alternatif untuk kebijakan transportasi berorientasi transit. Hal ini dinyatakan oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo pada Jumat (5/2).

Jalur sepeda permanen juga akan membuat para pesepeda merasa nyaman, dan aman, sebagai perwujudan dari Jakarta sebgai kota yang humanis, lestari, dan ramah lingkungan. Nantinya, jalur sepeda ini akan dilakukan pada Februari-Maret 2021 sepanjang 11,2 kilometer dengan lebar jalur sebesar 2 meter.

Jalur sepeda Jakarta

"Untuk proteksi jalur sepeda, kami menggunakan pot tanaman (planter box) dengan bentuk seperti rantai yang saling terkait," kata dia.

Ia mengungkapkan, jalur sepeda permanen ini nantinya akan dilengkapi dengan beberapa fasilitas bagi para pesepeda. Di antaranya seperti wayfinding, pijakan kaki di simpang dalam lintasan jalur sepeda, dan area istirahat berupa rak sepeda pada trotoar.

Nantinya jalur sepeda ini juga akan terhubung dengan fasilitasa layanan angkutan umum massal. Dianataranya ada sembilan halte bus Transjakarta, enam stasiun MRT, satu Stasiun Kereta Commuter Line (KRL) dan satu Stasiun Kereta Bandara, serta LRT Jabodetabek.

Dengan semakin adanya jalur yang memadai, maka para pesepeda bisa merasa lebih aman.

#Elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading