Sukses

Health

3 Cara Mengolah Daun Pepaya Agar Tidak Pahit Saat Dimakan dan Aman untuk Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Pepaya adalah buah yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Tak hanya buahnya yang dapat dinikmati, tetapi daun pepaya juga bisa dinikmati dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Sayangnya, daun pepaya dianggap memiliki rasa yang pahit.

Daun pepaya bisa diolah menjadi lauk seperti tumisan, gulai, lodeh, oseng-oseng, sambel, buntil dan lain sebagainya. Daun pepaya memiliki kandungan zat aktif seperti papain, karpain, flavonoid, dan berbagai vitamin dan mineral. Kandungan ini dianggap bisa membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Jika tidak benar saat mengolah daun pepaya, maka daun pepaya akan terasa sangat pahit dan tidak enak saat di makan. Kombinasikan daun pepaya dengan makanan lainnya, agar mendapatkan gizi yang seimbang. Untuk itu, berikut Fimela berikan cara untuk mengolah daun pepaya agar tidak pahit, dan cari tahu manfaatnya:

Manfaat Daun Pepaya

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Mengonsumsi daun pepaya bisa membantu mengontrol kadar gula darah. Karena kandungan daun pepaya mengandung antioksidan yang bisa melindungi sel tubuh, serta melindungi pankreas dari kerusakan.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Daun pepaya bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Karena memiliki kandungan enzim papain, yang berfungsi untuk memecah protein, agar mudah untuk cerna tubuh. Daun pepaya ini juga bisa mencegah perut kembung.

3. Meredakan Nyeri Akibat Haid

Daun pepaya dapat direbus bersama garam dan asam jawa. Manfaatnya untuk membantu meredakan nyeri akibat haid. Karena di dalam daun pepaya terdapat senyawa antiinflamasi yang bisa mencegah peradangan.

4. Mencegah Kanker

Mengonsumsi daun pepaya juga bisa membantu mencegah kanker. Karena daun pepaya memiliki kandungan acetogenin yang bersifat sebagai antikanker, dan juga antioksidan yang menguatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Menyembuhkan Demam Berdarah

Daun pepaya memiliki kandungan enzim chymopapain dan papain, yang bisa meningkatkan trombosit di dalam tubuh orang yang terkena demam berdaraha. Daun pepaya ini juga bisa membantu mencegah kerusakan liver.

6. Menurunkan Kolesterol

Daun pepaya mengandung enzim papain, yang dapat membantu dalam pemecahan protein. Kandungan ini memiliki efek positif pada pencernaan dan penyerapan nutrisi. Sehingga dapat menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan kardiovaskular.

Cara Mengolah Daun Pepaya Agar Tidak Pahit

1. Menggunakan Garam Kasar

Agar rasa daun pepaya tidak pahit, campur daun pepaya dengan garam kasar. Caranya yaitu dengan memeras daun pepaya bersama dengan garam kasar, lalu diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air.

2. Menggunakan Asam Jawa

Cara mengolah daun pepaya yang selanjutnya, yaitu dengan menggunakan asam jawa. Caranya dengan memasukkan asam jawa dalam rebusan daun pepaya. Selain menghilangkan rasa pahit, asam jawa juga membantu membuat aroma daun pepaya menjadi lebih enak dan sedap.

3. Menggunakan Daun Jambu Biji

Cara yang terakhir adalah menggunakan daun jambu biji, untuk menghilangkan rasa pahit dari daun pepaya. Caranya dengan mengambil beberapa helai daun jambu biji, lalu remas daunnya dan masukkan ke dalam rebusan daun pepaya.

Resep Lodeh Daun Pepaya

Bahan yang diperlukan:

  • 1 ikat daun pepaya, rebus dengan garam dan tiriskan
  • Tempe semangit sekitar 5cm, potong-potong
  • Cabai hijau besar, sesuai selera
  • Cabai rawit merah, sesuai selera
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 genggam udang rebon (udang kering)
  • 2 lembar daun salam
  • Sejempol lengkuas
  • 200 ml santan dan air
  • Garam, gula pasir dan kaldu sapi secukupnya

Cara membuat:

  1. Langkah pertama, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
  2. Kemudian masukkan cabai, udang rebon, daun salam dan lengkuas.
  3. Setelah itu tambahkan tempe semangit, dan tumis hingga matang.
  4. Lalu tambahkan santan, garam, gula pasir dan kaldu sapi.
  5. Terakhir masukkan daun pepaya, masak dengan api kecil sampai matang. Sajikan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading