Sukses

Lifestyle

Bukan Karena Sakit, Ini Alasan Wajah Menjadi Merah saat Olahraga

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu menyadari bahwa beberapa orang wajahnya menjadi sangat merah ketika melakukan olahraga, entah pada saat lari, senam atau apa pun yang membuat mereka berkeringat dan terengah-engah. Ternyata hal ini sangat normal lho.

Olahraga adalah salah satu jalan keluar paling baik jika Anda ingin membakar lemak dan bugar setiap hari. Meski mungkin beberapa orang merasa khawatir karena wajahnya jadi merah saat olahraga, tapi seiring berjalannya waktu, wajah kepiting rebus ini akan kembali normal seperti semula.

Alasannya ternyata sederhana, wajah memerah saat olahraga terjadi karena pembuluh kapiler yang membesar dan darah mengalir lebih baik ke seluruh tubuh, tidak terkecuali ke wajah. Darah membawa panas tubuh ke wajah hingga permukaan kulit menjadi memerah, seperti dilansir dari Everydayhealth.

Proses alami tubuh meregulasi panas

Seorang dokter kulit bernama Sheel Desai Solomon juga menjelaskan dalam Wellandgood bahwa fenomena ini sangatlah normal dan wajah memerah merupakan respons alami tubuh kita untuk mengatur suhu saat olahraga.

"Saat berolahraga, darah dipompa melalui pembuluh darah kapiler dengan kecepatan yang lebih cepat untuk memaksimalkan asupan oksigen. Pembuluh kapiler akan melebar untuk mengirimkan lebih banyak oksigen ke otot yang bekerja dan juga mendorong panas ke permukaan kulit untuk menghindari panas berlebih. Proses inilah yang membuat wajah tampak merah saat olahraga."

Umumnya mereka yang memiliki warna kulit lebih cerah yang lebih mudah terlihat merah, namun sebenarnya orang-orang yang memiliki lebih banyak pembuluh kapiler di wajahlah yang lebih sering mengalaminya.

Jadi, jika kamu sering melihat wajah seseorang atau wajahmu sendiri menjadi memerah ketika olahraga, itu dia alasan ilmiahnya Sahabat Fimela.

#ElevateWomen with FIMELA

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Penelitian Membuktikan, Minum Ini Setiap Hari Bisa Cegah Diabetes
Artikel Selanjutnya
Penelitian Membuktikan, Kebiasaan Makan Ini Membuat Performa Kerja Buruk