Sukses

Lifestyle

Pengertian Estetika dan Unsur-Unsur yang Harus Dipahami

Fimela.com, Jakarta Sering kali kita mendengar istilah estetika atau keindahan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yang disingkat KBBI, estetika adalah cabang filsafat yang membahas tentang seni dan keindahan, serta tanggapan manusia terhadapnya.

Seperti yang dijelaskan di dalam KBBI, estetika ini juga membahas tentang tanggapan manusia terhadap estetika atau keindahan tersebut, yang dapat dirasakan dan dilihat keindahannya.

Tentu saja setiap orang pasti memiliki pandangan atau tanggapan lain, yang berbeda-beda saat membahas tentang estetika. Sehingga estetika dapat diartikan sebagai cabang ilmu yang membahas dan menelaah, tentang tanggapan manusia terhadap suatu keindahan.

Estetika ini merupakan bentuk yang bisa dirasakan semua panca indera, baik yang berada di alam semesta atau dalam dunia seni. Untuk mengetahui lebih jelas tentang pengertian estetika, berikut pengertian estetika dan unsur-unsurnya, dilansir dari Liputan6.com:

Pengertian Estetika Menurut Ahli

Estetika adalah istilah yang diambil dari bahasa Latin yaitu aestheticus, dan dalam bahasa Yunani disebut aestheticos. Istilah ini memiliki arti merasakan hal-hal yang bisa diserap pancar indera manusia.

Menurut Bruce Allsopp

Menurut Bruce Allsopp, estetika adalah cabang ilmu pengetahuan, yang mempelajari tentang suatu proses dan aturan untuk menciptakan karya seni, yang bisa membangkitkan perasaan positif bagi orang yang melihat dan merasakannya karya seni tersebut.

Menurut J. W. Moris

J. W. Moris berpendapat bahwa estetika adalah objek karya seni yang disebut art. Ia juga berpendapat, estetika adalah karya seni karena estetika dapat dikenakan pada berbagai objek, baik yang indah maupun tidak.

Menurut Herbert Read

Menurut Herbert Read, estetika adalah kesatuan dan hubungan bentuk yang ada di antara penserapan indrawi manusia, karena manusia menganggap estetika adalah seni yang mengandung nilai keindahan.

Menurut Dra. Artini Kusmiati

Pengertian estetika yang selanjutnya adalah menurut Dra. Artini Kusmiati. Estetika adalah suatu keadaan yang berhubungan dengan sensasi keindahan, yang bisa dirasakan saat adanya perpaduan yang harmonis antar elemen yang ada dalam suatu objek.

William Haverson, dalam Estetika Terapan, 1989

William Haverson juga berpendapat, bahwa estetika adalah segala hal yang saling berhubungan, dalam sifat dasar nilai-nilai nonmoral pada suatu karya seni.

Unsur Estetika

Unsur Bentuk

Unsur estetika yang pertama adalah unsur bentuk. Unsur ini juga bisa disebut dengan shape, yang berpengaruh terhadap objek. Seseorang akan beranggapan bentuk tersebut estetika, jika memiliki bentuk yang unik dan beda dari yang lainnya. Unsur bentuk terdiri dari dua jenis, yaitu dua dimensi dan tiga dimensi.

Untuk objek dua dimensi berbentuk lukisan, foto, hiasan dinding dan lainnya. Sedangkan objek tiga dimensi memiliki volume, kedalaman dan ruang, seperti patung, pakaian, tas dan lainnya.

Unsur Warna

Estetika juga memiliki unsur warna, yang bisa memberikan suatu keindahan terhadap suatu karya seni, yang bisa meningkatkan keindahan pada suatu benda dan objek lainnya. Unsur warna yang digunakan biasanya disesuaikan dengan kebutuhan orang yang menggunakan karya seni tersebut.

Unsur Tema

Unsur estetika berikutnya adalah unsur tema. Unsur tema adalah suatu ide dasar, gagasan awal atau pokok pikiran, yang dipikirkan dan dibuat pencipta objek atau karya seni, untuk ditujukan kepada orang lain. Unsur tema bisa dipengaruhi oleh faktor letak geografis, adat istiadat, budaya dan lainnya.

Unsur Motif Hias

Unsur estetika yang terakhir adalah unsur motif hias. Unsur motif hias ini merupakan suatu pola atau gambar, yang dijadikan sebagai suatu objek atau karya seni, dengan tujuan untuk menambah nilai keindahan atau estetika pada objek atau karya seni tersebut.

Fungsi Estetika

Dengan adanya estetika ini, bisa membantu menambah pengetahuan manusia, tentang keindahan dari suatu nilai dalam karya seni, serta faktor lain yang mempengaruhi. Estetika juga bisa menambah pengetahuan tentang unsur subjektif, dalam menikmati karya seni dan keindahan.

Secara umum, estetika adalah suatu keindahan di dalam karya seni atau alam semesta, yang memiliki suatu fungsi, dan dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena dengan adanya estetika ini, kita bisa menilai baik buruknya sesuatu yang bisa dirasakan panca indera.

Sehingga fungsi dari estetika ini adalah manusia bisa menambah pengetahuan, yang ada di dalam segala sesuatu tentang aspek kehidupan, yang berhubungan tentang keindahan, pengetahuan, Kejiwaan, emosi dan lain sebagainya.

What's On Fimela
Loading