Sukses

Lifestyle

4 Tips Mencegah Kontaminasi Silang saat Menyimpan Makanan di Kulkas

Fimela.com, Jakarta Apa sebenarnya pengertian kontaminasi silang? Dilansir dari Resepkoki, kontaminasi silang dapat diartikan sebagai proses perpindahan bakteri dari makanan mentah ke makanan siap santap. Kondisi seperti ini bisa membuat makanan terkontaminasi bakteri sehingga tidak aman lagi dimakan.

Bukan hanya itu, penyimpanan makanan di dalam kulkas juga bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya kontaminasi silang karena ada berbagai macam makanan yang disimpan bersandingan. Untuk mencegahnya, ini sekian hal yang bisa dilakukan

1. Pisahkan daging dengan sayuran dan buah-buahan

Selalu pastikan memisahkan bahan-bahan mentah dengan cara yang benar, terutama antara daging dengan sayuran dan buah-buahan. Simpan daging segar seperti ikan, ayam dan daging sapi di wadah tertutup dan tidak mengalami kontak langsung dengan sayur dan buah-buahan.

2. Simpan daging segar di dalam freezer

Untuk menjaga keawetan daging segar, sebaiknya setelah dicuci dan dibersihkan, kemas di dalam plastik atau wadah tertutup dan bekukan di dalam freezer. Selain mencegah berkembangbiaknya bakteri, juga memastikan daging tetap segar ketika ingin diolah suatu saat jika dibutuhkan.

3. Simpan sayur dan buah di kontainer terpisah

Sebisa mungkin pisahkan sayuran dan buah-buahan di rak atau kontainer terpisah sehingg tidak ada transfer bakteri antara sayur dan buah-buahan. Pastikan juga sayur dan buah dalam keadaan kering, tidak lembap saat disimpan agar tidak busuk.

4. Menyimpan makanan sisa

Terkadang ketika tidak habis dalam sekali makan, banyak orang menyimpan sisa makanan di dalam kulkas. Pastikan menyendirikan makanan sisa di wadah tertutup sehingga tidak tercemar bakteri dari makanan mentah seperti sayuran dan buah-buahan.

Itu dia sekian cara agar tidak terjadi kontaminasi silang pada makanan yang disimpan di dalam kulkas. Yuk menjaga makanan tetap sehat dengan memerhatikan cara menyimpannya, Sahabat Fimela. 

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading