Sukses

Lifestyle

Bukti Penelitian, Balikan dengan Mantan Punya Efek Buruk untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Untuk sebagian orang, balikan dengan mantan mungkin menjadi pilihan yang aman. Bukan hanya karena alasan sudah mengenalnya sejak lama, tapi juga karena itu menjadi cara termudah memulai hubungan cinta tanpa perlu membangun segalanya dari awal, seperti misalnya menjalani proses mengenal seseorang dan menyesuaikan diri.

Tapi tahukah Sahabat Fimela bahwa ternyata balikan dengan mantan justru tak baik untuk kesehatan? Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Family Relations menemukan bahwa menjalin lagi hubungan cinta dengan mantan punya efek negatif terhadap kesehatan mental.

Balikan dengan mantan bisa ganggu kesehatan

Kale Monk sebagai salah satu penulis penelitian mengatakan, "Hubungan cinta putus nyambung dengan seseorang berkaitan erat dengan meningkatnya risiko depresi dan kecemasan."

Peneliti mengadakan survei terhadap 545 orang yang menjalani hubungan percintaan kemudian mencatat tingkat depresi dan kecemasan mereka, sekaligus mencatat seberapa sering mereka menjalani hubungan cinta putus-nyambung dengan pasangan.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa sepertiga dari partisipan yang mengalami siklus putus-nyambung ternyata juga mengalami peningkatan tingkat stres. Bahkan setelah memperhitungkan faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi stres dan kesehatan mental, diketahui bahwa semakin sering terjadinya putus-nyambung dalam percintaan, maka semakin besar peningkatan depresi dan kecemasan dalam diri seseorang.

Peneliti menyarankan, jika memang ingin kembali menjalin cinta dengan mantan, pikirkan dengan baik. Apakah hubungan kali ini bisa berhasil dan tidak berisiko putus lagi? Bicarakan secara serius dan dewasa apa masalah yang menyebabkan putus, kemudian menyelesaikan permasalahan tersebut. Menjalani siklus cinta putus-nyambung bukan hanya menguras energi tapi juga melelahkan hati.

Jadi, pikirkan dengan baik sebelum memutuskan balikan dengan mantan ya, Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

PLAYLIST VIDEO 28 JULI 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Tepat Mendampingi Anak Sekolah Online agar Tidak Stres dari Psikolog
Artikel Selanjutnya
Mengenal Metode HADIR, Dampingi Anak Kelola Emosi demi Kesehatan Mental