Sukses

Lifestyle

4 Cara Bersyukur Mulai dari Hal-hal Kecil

Fimela.com, Jakarta Bersyukur merupakan suatu hal yang perlu kita lakukan. Ya, bersyukur atas apa yang telah kita miliki membuat kita hidup lebih bahagia. Setiap hari kita bangun adalah sesuatu yang disyukuri, karena bisa dengan mudah diambil dari kita kapan saja. Dan sementara bersyukur bermanfaat bagi kita pada akhirnya. Itu adalah salah satu hal yang Tuhan harapkan dari kita. Dengan bersyukur, kita menjadi tanggap kepada Allah. Tentunya ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menunjukkan rasa sayukur kepada Allah seperti berikut ini.

1. Mengakui Berkat Melalui Doa

Sudah tugas kita sebagai manusia adalah bersyukur kepada Allah dan atas semua yang telah Allah sediakan untuk kita. Ada yang mengatakan ada tiga tingkat syukur dalam Islam yakni, menyadari dan menghargai semua berkah yang ada di dalam hati biasanya dalam bentuk doa, benar-benar mengucapkan terima kasih dalam bahasa, dan mengungkapkan rasa syukur dengan melakukan perbuatan baik dan pada dasarnya memberi orang lain sesuatu untuk disyukuri.

2. Ucapkan Terima Kasih

Seperti yang dinyatakan di atas, tingkat syukur lain dalam Islam adalah dengan mengucapkan terima kasih. Siapa pun dapat melakukan ini tentu saja, sama seperti siapa pun dapat berdoa dengan caranya sendiri, tidak hanya bagi Muslim.

3. Lakukan Perbuatan Baik Tanpa Harapan

Tingkat syukur terakhir dalam Islam dikatakan melakukan perbuatan baik. Perbuatan baik adalah bagian besar dari setiap agama, dan sejalan dengan keyakinan bahwa kita harus memperlakukan orang lain dengan hormat, tidak peduli siapa mereka. Melakukan perbuatan baik memberi kita hasana atau pahala, dan menunjukkan kepada Tuhan bahwa kita puas dengan apa yang kita miliki karena kita bersedia melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain, bukan diri kita sendiri.

4. Menjalani Hidup dengan Sepenuh Hati

Salah satu cara terakhir untuk menunjukkan rasa syukur sebagai Muslim adalah dengan menjalani hidup setiap hari dengan sepenuh hati. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, nyawa kita bisa diambil dalam sekejap mata. Jika ada sesuatu yang ingin kita lakukan, dalam arti tertentu, tidak ada waktu untuk menunggu.

Kita diperbolehkan untuk bersabar dengan diri kita sendiri, tetapi kita harus menyadari bahwa tidak ada lagi hari yang dijanjikan. Dengan mendorong segala sesuatunya, dan menyia-nyiakan hari-hari kita, pada dasarnya kita menyia-nyiakan kehidupan mulia yang Tuhan tempatkan untuk kita. Dengan tidak memanfaatkan semua peluang dan sumber daya yang kita miliki, kita secara tidak langsung mengatakan kepada Tuhan bahwa apa yang kita miliki tidak cukup baik untuk bekerja dengan, atau terlibat.

Kita harus terus-menerus mengingatkan diri kita sendiri bahwa kita memiliki lebih banyak daripada yang dilakukan orang lain, dan bahwa meskipun kita menginginkan lebih, apa yang kita miliki cukup untuk saat ini, dan akan digunakan. Karena seperti halnya hidup kita, Tuhan dapat mengambil apapun yang kita miliki, menjauh dari kita juga, dan segera kita mungkin menjadi orang yang kurang beruntung yang kita pikirkan sebelumnya. Tetapi dengan bersyukur, kita lebih cenderung melipatgandakan hal-hal baik yang kita miliki.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading