Sukses

Lifestyle

5 Bahan Alami yang Membuat Daging Empuk sebelum Dimasak

Fimela.com, Jakarta Menjelang lebaran, daging menjadi bahan favorit semua orang untuk diolah ke dalam berbagai menu masakan. Tetapi masalahny protein yang padat membuat daging sering alot saat dimasak, sehingga mengurangi cita rasa masakan.

Agar daging tidak alot saat dimasak, berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk melunakkan daging sehingga empuk saat dimasak. Langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Teh

Teh mengandung tanin, yang merupakan pelunak alami. Cara menggunakannya, buatlah 1-2 cangkir teh hitam pekat, biarkan dingin, lalu rendam daging dalam cairan tersebut hingga 24 jam. Semakin lama membiarkan daging direndam, dagingnya akan semakin empuk.

2. Nanas

Buah ini memiliki papain, enzim yang digunakan dalam produk pelunak komersial. Seperti asam dan garam, enzim ini memecah serat otot yang keras. Cara menggunakannya, oleskan irisan atau tumbuk nanas pada daging sapi dan biarkan selama beberapa jam. Menggunakan buah bekerja paling baik saat dioleskan pada potongan daging sapi yang tipis.

3. Daun pepaya

Sama seperti nanas, daun pepaya juga mengandung enzim papain yang dapat melunakkan daging dengan cara yang sangat alami. Cara menggunakan daun pepaya bisa dengan cara digerus dan dicampur dengan daging lalu dibiarkan selama beberapa jam. Atau cukup dengan membungkus daging menggunakan daun pepaya dan dibiarkan semalaman, maka daging tidak akan alot saat dimasak.

4. Jahe

Jahe adalah bahan umum dalam bumbu perendam berkat rasa pedasnya yang unik dan fakta bahwa jahe mengandung enzim 'proteolitik' yang secara alami memecah protein daging. Cara menggunakannya, tambahkan irisan jahe atau ampas jahe ke permukaan daging sapi dan biarkan daging minimal selama 2 jam.

5. Garam

Cobalah untuk memberikan beberapa jumput garam sebelum memotong dan memasak daging. Biarkan selama 1-2 jam sebelum memasaknya. Ini adalah cara yang efektif untuk memecah serat otot yang keras. Saat siap untuk memasaknya, cukup bilas dengan air dan daging siap untuk dimasak.

Selain bahan-bahan di atas, ada juga beberapa bahan lainnya yang dapat membuat daging lebih empuk sebelum dimasak, misalnya, kopi, cuka, buah kiwi, enzim pelarut dan baking soda. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading