Sukses

Lifestyle

Penelitian Menjelaskan, Ini Alasan Perempuan Selalu Suka Warna Pink

Fimela.com, Jakarta Kamu pasti pernah mendengar tentang anak perempuan identik dengan warna pink dan anak laki-laki identik dengan warna biru. Meskipun sebenarnya semua warna itu general untuk siapa saja tapi selalu ada stereotip bahwa pink atau warna merah mudah untuk perempuan.

Sepertinya persepsi itu tidak sepenuhnya salah, karena secara ilmiah ternyata bisa dijelaskan bahwa perempuan memang cenderung lebih tertarik dengan warna pink dibandingkan warna lain, terlepas dari pengaruh budaya maupun kesan feminin yang beredar di masyarakat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology menemukan bahwa penglihatan perempuan cenderung mendorongnya untuk memilih corak warna yang mendekati kemerahan.

Perempuan menyukai warna mendekati merah

Bahkan ketika diminta memilih warna favorit dari varian warna biru, perempuan cenderung memilih biru yang bercampur warna merah seperti ungu.

Anya Hurlbert dan rekan-rekannya menguji preferensi warna pada 171 orang dewasa Inggris dan 37 imigran dari Cina daratan dengan jumlah laki-laki dan perempuan yang hampir sama. Setiap peserta melihat sekitar 750 pasang warna berbeda yang mencakup seluruh pelangi, dan mereka harus memilih satu warna yang disukai dari dua warna yang disajikan.

Hasilnya, baik pria maupun perempuan menilai warna biru sebagai warna yang terbaik. Namun dari semua perbandingan warna, ternyata perempuan cenderung lebih suka memilih warna-warna mendekati merah seperti pink dan keunguan.

Beberapa ahli bilogi banyak mengaitkan kecenderungan ini dengan peran perempuan zaman dahulu dalam mengumpulkan makanan. Buah-buahan yang berwarna merah cenderung lebih banyak dipilih dibandingkan yang warna hijau atau kuning.

Terlepas dari kaitan primitif tersebut, ternyata secara alami perempuan memang lebih mudah menyukai warna pink, ungu dan semacamnya. Jadi jangan heran jika kamu pun tertarik mengoleksi barang-barang dengan warna itu.

#ElevateWoman with Fimela

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Menurut Penelitian, Ini Alasan Tak Usah Ragu Menerima Pinangan Pria Muda
Artikel Selanjutnya
Menurut Penelitian, Sifat Ini yang Paling Dicari Perempuan dari Seorang Pria