Sukses

Lifestyle

Jika Dibiasakan Setiap Hari, Hal Kecil Ini Bisa Bermanfaat untuk Kesehatan Mentalmu

Fimela.com, Jakarta Tak jarang orang berjuang dengan kesehatan mental mereka di beberapa titik dalam hidup mereka, beberapa lebih dari yang lain. Tetapi ada hal-hal kecil yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari yang terbukti membantumu tetap sehat dan bahagia secara mental. Seperti yang dilansir pada laman Independent.co.uk, berikut adalah beberapa kebiasaan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mental.

1. Berjalan tinggi

Sebuah penelitian telah menemukan bahwa jika seseorang secara aktif mencoba berjalan tinggi dengan kepala terangkat tinggi dan bahu ke belakang, akan cenderung mengalami suasana hati yang baik. Dan sebaliknya, jika berjalan dengan bahu membungkuk, maka seseorang lebih cenderung fokus pada hal-hal negatif daripada hal-hal positif.

2. Berhenti memotret semuanya

Banyak orang mungkin berpikir memotret momen membuatmu lebih mungkin untuk mengingatnya, tetapi sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Psychological Science menunjukkan sebaliknya. Jika masih ingin memotret makan siang atau pemandangan saat berjalan-jalan itu tak akan membuatmu fokus pada subjekmu dna bahkan kehilangan esesnsinya.

3. Olahraga

Berolahraga tiga kali seminggu mengurangi risiko depresi sebesar 19 persen, menurut sebuah studi oleh University College London. Para peneliti menemukan bahwa orang yang aktif cenderung tidak mengalami depresi dan orang yang depresi cenderung tidak aktif.

4. Berhentilah menunda-nunda

Semakin lama menunda tugas karena takut dan cemas atau bahkan menyepelekannya maka akan semakin menegangkan dan berpotensi melemahkan. Kurangi stres dengan mendengarkan musik atau berolahraga, lalu selesaikan tugas tersebut secara langsung.

5. Berhenti multitasking

Makan siang sambil berkirim email mungkin tampak tidak terlalu berbahaya, namun multitasking ternyata terbukti membuat kita semakin stres. Sebaliknya, fokuslah pada satu hal yang dilakukan dan apa yang terjadi di sekitarmu. Saat makan siang, fokuslah menghabiskan makanan, saat harus bekerja, selesaikanlah pekerjaan dan begiru juga saat beristirahat, jangan lakukan tugas yang lain.

Hal lain yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mental adalah, tidur lebih banyak, meluangkan waktu untuk sendiri lebih banyak, puasa digital, keluar dari pertemanan toxic dan memerhatikan nutrisi makanan yang dikonsumsi. Jadi, mana nih yang sudah Sahabat Fimela lakukan?

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
Olimpiade Pertama tanpa Penonton, Ini Efek Psikologisnya bagi Para Atlet Bertanding di Olimpiade Tokyo 2020
Artikel Selanjutnya
Mengenal Terapi Seni Beserta Manfaatnya, Ampuh Atasi Stres dan Baik untuk Kesehatan Mental