Sukses

Lifestyle

5 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Diet Gula

Fimela.com, Jakarta Buat kamu yang sedang diet gula atau mengurangi makanan yang manis-manis, untuk mendapatkan kesehatan. Selain itu mengurangi makanan manis juga bisa membantu mengurangi berta badan dan menjauhkan seseorang dari penyakit berbahaya seperti diabetes. Dan inilah beberapa makanan yang bisa membantumu untuk diet gula.

1. Roti gandum

Semua jenis roti yang mengandung karbohidrat tinggi dan dengan cepat meningkatkan kadar gula darah. Akibatnya banyak roti harus dihindari. Namun, roti pumpernickel dan 100 persen roti gandum utuh memiliki kadar glukosa rendah. Gandum terkenal akan seratnya yang tingi. Manfaatnya, serat memperlambat pencernaan dan membantu menstabilkan kadar gula darah.

2. Buah-buahan

Kecuali nanas dan melon, kebanyakan buah memiliki skor glukosa rendah yaitu 55 atau kurang. Ini karena kebanyakan buah mengandung banyak air dan serat untuk menyeimbangkan gula alami mereka, yang disebut fruktosa. Namun, saat buah matang, skor glukosa mereka meningkat.  Sebuah studi besar tahun 2013 menemukan bahwa orang yang mengonsumsi buah utuh, terutama blueberry, anggur, dan apel, memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

3. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung glukosan yang rendah dan sangat bergizi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daging ubi jalar mengandung lebih banyak serat daripada kulitnya, yang bermanfaat bagi penderita diabetes. Penelitian juga melaporkan bahwa mengonsumsi ubi jalar dapat menurunkan beberapa penanda diabetes.

4. Yogurt

Makan yogurt tawar setiap hari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Penelitian juga menemukan bahwa yogurt mungkin satu-satunya produk susu yang menurunkan risiko mengembangkan kondisi tersebut. Ini karena yogurt tawar mengandung gula yang rendah. Dan sebaiknya hindari mengonsumsi yogurt dengan tambahan pemanis atau sirup.

5. Dark chocolate

Saar mengonsumsi makanan yang mengandung gula, tubuh akan menjadi resisten terhadap insulin. Hal ini membuat tubuh menghasilkan lebih banyak ghrelin atau hormon yang dapat meningkatkan nafsu makan. Dan salah satu manfaat dark chocolate adalah dapat mengontrol nasfsu makan dengan menghambat resistensi insulin.

Selain itu, beberapa makanan yang lainnya yang baik dikonsumsi untuk diet gula adalah oatmeal, sayuran hijau dan barwarna, ikan, bawang putih dan kacang-kacangan. Sekali pun kamu bukan penderita diabetes, sebaiknya tetap memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari agar terhindar dari meningkatnya gula darah.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading