Sukses

Lifestyle

BMKG Peringati Terjadinya Cuaca Ekstrem Hari Ini di 30 Wilayah

Fimela.com, Jakarta Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan cuaca ekstrem yang akan terjadi hari ini (28/6/2021). Cuaca ekstrem diperkirakan BMKG akan terjadi di 30 wilayah di Indonesia.

Dalam prediksi BMKG, sebanyak 24 wilayah di Indonesia akan berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Di antaranya, wilayah Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Bali, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sementara, lima wilayah lainnya diprediksi diguyur hujan yang dapat disertai petir hingga angin kencang. Di antaranya Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Barat.

Di daerah Nusa Tenggara Timur diprediksikan sebagai wilayah berpotensi angin kencang.

 

 

Terjadinya cuaca ekstrem

Dijelaskan oleh BMKG, terjadinya cuaca ekstrem ini karena dipengaruhi dari daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin terpantau memanjang dari perairan barat Aceh hingga Selat Malaka bagian utara.

Hal ini juga terjadi dari perairan Kalimatan bagian utara hingga Laut Cina Selatan, perairan timur Kalimatan Utara hingga Kalimantan bagian utara, dari Sulawesi Tenggara bagian utara hingga Kalimantan Timur bagian selatan, serta Papua Barat hingga perairan barat Pulau Halmahera dan memanjang di Papua bagian tengah.

 

Waspada cuaca ekstrem

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah kecepatan angin tersebut. BMKG sendiri belum memastikan sampai kapan cuaca ekstrem ini akan terjadi. Namun, perlu diwaspadai terjadi cuaca ekstrem dengan asupan vitamin dan makanan sehat.

Terjadinya cuaca ekstrem bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan yang menurun. Cuaca ekstrem yang terjadi di tengah pandemi COVID-19 bisa diwaspadai dengan menggunakan pakaian hangat serta sedia payung atau jas hujan ketika keluar rumah. Pastikan juga persediaan makanan tetap cukup untuk beberapa hari.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading