Sukses

Health

Ciri-Ciri Tekanan Darah Tinggi dan Kolesterol Naik yang Harus Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Darah tinggi atau penyakit hipertensi adalah penyakit yang harus segera diwaspadai, agar tidak menyebabkan komplikasi penyakit yang serius. Penyakit ini jarang sekali disadari karena gejalanya ringan. Darah tinggi akan membuat kadar kolesterol meningkat dalam tubuh.

Untuk mengetahui tekanan darah tinggi, Sahabat Fimela bisa melakukan pengukuran tekanan darah secara rutin, menggunakan tensi meter yang manual maupun digital. Secara umum, tekanan darah yang normal sekitar 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg untuk orang dewasa. Sedangkan untuk mengetahui kolesterol, dokter memerlukan sampel darah.

Akibat dari tekanan darah tinggi dan kolesterol yang berbahaya adalah serangan jantung, stroke, gagal ginjal hingga menyebabkan seseorang meninggal. Untuk itu, berikut ciri-ciri tekanan darah tinggi dan kolesterol naik yang harus di waspadai, dan kenali penyebab tekanan darah tinggi dan kolesterol naik.

Ciri-Ciri Tekanan Darah Tinggi dan Kolesterol Naik

Tekanan darah tinggi dan kolesterol naik sebenarnya sangat mudah dirasakan dan dideteksi. Salah satunya saat tubuh terasa tidak enak badan. Walaupun ciri-ciri tekanan darah tinggi dan kolesterol tidak bisa dirasakan secara spesifik.

Ciri-ciri tekanan darah tinggi dan kolesterol naik secara umum dengan gejala yang ringan. Biasanya seseorang akan merasakan pusing atau sakit kepala, sesak napas ringan, dada terasa sesak dan penglihatan terlihat buram.

Namun ciri-ciri tekanan darah tinggi dan kolesterol naik yang berat, bisa ditandai dengan keluarnya darah dari dalam urine hingga mimisan. Jika ciri-ciri tekanan darah tinggi dan kolesterol naik ini muncul, sebaiknya segera periksakan kepada dokter, agar segera ditangani dan tidak berakibat fatal.

Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Penyebab hipertensi atau tekanan darah tinggi ada dua, yaitu disebabkan oleh hipertensi primer dan hipertensi sekunder. Berikut penjelasannya:

1. Hipertensi Primer

Hipertensi primer disebabkan karena faktor genetik, memiliki pola hidup yang tidak sehat, sering merokok, stres berlebih, jarang berolahraga, mengonsumsi alkohol dan obesitas. Kebiasaan tersebut bisa meningkatkan kolesterol jahat di dalam tubuh, sehingga tekanan darah naik dan menyebabkan hipertensi primer.

2. Hipertensi Sekunder

Sedangkan hipertensi sekunder disebabkan karena memiliki riwayat penyakit khusus, seperti sleep apnea, gangguan ginjal, tumor pada kelenjar adrenal, masalah pada tiroid, diabetes atau mengonsumsi obat-obatan yang memicu darah tinggi.

Cara Mencegah Darah Tinggi dan Kolesterol Naik

Tekanan darah tinggi  dan kolesterol naik bisa dialami segala usia. Tetapi semakin bertambahnya usia, maka faktor terkena tekanan darah tinggi dan kolesterol akan semakin besar. Karena pembuluh darah akan menebal dan menegang seiring dengan pertambahan waktu, yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan tekanan darah tinggi.

Sebenarnya cara mencegah tekanan darah tinggi dan kolesterol naik bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan khusus, seperti golongan ACE-inhibitor, beta-blocker, thiazide, angiotensin II receptor blockers, calcium chanel blocker dan sebagainya.

Tetapi untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan kolesterol naik, tetap harus merubah pola hidup menjadi lebih sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat, olahraga secara teratur, menjaga berat badan tetap ideal, mengurangi asupan gula atau garam, serta menghindari rokok atau alkohol.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading