Sukses

Lifestyle

Menurut Penelitian, Orang yang Banyak Tertawa Memiliki Kesehatan Lebih Baik

Fimela.com, Jakarta Salah satu perasaan terbaik di dunia adalah tawa perut yang mengakar. Itu dapat menyatukan orang dan membangun koneksi yang luar biasa. Semuanya, mulai dari cekikikan kecil hingga tertawa terbahak-bahak dapat mengubah suhu ruangan dari ketidakbiasaan yang dingin menjadi suasana seperti keluarga yang hangat.

Namun tak hanya itu, tertawa juga punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan, seperti yang dilansir pada laman Gaiam.com, penelitian Dr. Lee Berk dan Dr. Stanley Tan di Universitas Loma Linda di California. Kedua dokter ini telah meneliti manfaat tertawa dan menemukan hasil yang luar biasa. Berikut adalah sekian manfaat tertawa bagi kesehatan.

1. Menurunkan tekanan darah

Tertawa dapat menurunkan tekanan darah bahkan mengurangi risiko stroke dan serangan jantung. Seperti yang dikutip dari Liputan6.com, Studi Journal of Dental and Medical Research menunjukkan pasien hemodialisis yang menonton tayangan lucu selama delapan minggu menunjukkan penurunan tekanan darah.

2. Mengurangi tingkat hormon stres

Dengan banyak tertawa kita secara bersamaan memotong kecemasan dan stres yang berdampak pada tubuh. Selain itu, pengurangan hormon stres dapat menghasilkan kinerja sistem kekebalan yang lebih tinggi. Pikirkan saja: Tertawa bersama rekan kerja saat menceritakan lelucon lucu dapat meredakan stres hari itu dan membuat perasaan jadi lebih baik.

3. Mengencangkan otot perut

Salah satu manfaat tertawa adalah dapat membantu mengencangkan otot perut. Saat tertawa, otot-otot di perut mengembang dan berkontraksi. Sementara itu, otot-otot yang tidak digunakan untuk tertawa mendapat kesempatan untuk rileks.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Tertawa adalah latihan kardio yang bagus, terutama bagi mereka yang tidak mampu melakukan aktivitas fisik lainnya karena cedera atau sakit. Itu membuat jantung memompa dan membakar jumlah kalori yang sama per jam seperti berjalan dengan kecepatan lambat hingga sedang.

5. Meningkatkan sel-T

Sel T adalah sel sistem kekebalan khusus yang menunggu di dalam untuk aktivasi. Ketika tertawa, kamu mengaktifkan sel-T yang segera mulai membantu melawan penyakit. Lain kali saat merasa masuk angin, tambahkan tawa ke dalam rencana pencegahan penyakitmu.

6. Memicu pelepasan endorfin

Endorfin adalah obat penghilang rasa sakit alami tubuh. Dengan tertawa, tubuh akan melepaskan endorfin, yang dapat membantu meringankan rasa sakit kronis dan membuatmu merasa nyaman di seluruh tubuh.

7. Memberikan kesejahteraan

Tertawa dapat meningkatkan rasa sejahtera secara keseluruhan. Dokter telah menemukan bahwa orang yang memiliki pandangan hidup yang positif cenderung melawan penyakit lebih baik daripada orang yang cenderung lebih negatif. Jadi tersenyum, tertawa, dan hidup jadi lebih lama.

Jadi, sudah tahukan banyak sekali manfaat tertawa bagi kesehatan. Nah, apakah, Sahabat Fimela sudah tertawa hari ini?

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading