Sukses

Lifestyle

7 Perlengkapan Wajib Punya Saat Isolasi Mandiri Pasien Covid-19 di Rumah

Fimela.com, Jakarta Lonjakan kasus positif Covid-19 di Indonesia membuat ketersediaan Bed Occupancy Rate (BOR) mengalami keterbatasan di fasilitas kesehatan dan rumah sakit yang tersedia. Oleh sebab itu, tidak semua orang yang positif Covid-19 dirawat di rumah sakit. 

Ada beberapa kriteria tertentu yang memang diprioritaskan untuk mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit dan fasilitas kesehatan. Tapi, ada juga yang hanya dianjurkan untuk isolasi mandiri di rumah. Biasanya, pengidap Covid-19 tanpa gejala dianjurkan untuk isolasi mandiri di rumah dengang catatan harus atas rekomendasi dokter. 

Lalu, apa saja perlengkapan yang harus dimiliki saat isolasi mandiri di rumah? Berikut rangkumannya untuk sahabat Fimela. 

1. Masker Medis

Masker medis sangat dibutuhkan di masa pandemi seperti saat ini. Terutama di saat kita sedang menjalani isolasi mandiri di rumah. Penggunaan masker medis bertujuan untuk mencegah penularan virus sehingga kita bisa saling menjaga di saat isolasi mandiri di rumah. 

2. Cairan disinfektan & Hand Sanitizer

Kedua cairan ini dibutuhkan untuk menjaga kebersihan di rumah. Semprotkan cairan disinfektan secara berkala di kamar dan kamar mandi untuk membantu membunuh virus, kuman, dan bakteri, agar tidak terkontaminasi ke orang lain. 

Tak hanya itu saja, jangan lupa untuk rajin mencuci tabgan dan menggunakan hand sanitizer, agar kebersihan senantiasa terjaga. 

 3. Thermometer

Di saat isoman, pantau terus suhu tubuh kamu secara rutin. Sehingga saat suhu tubuh naik, maka kamu bisa segera mendeteksi dan lakukan upaya penanganan dengan segera. 

 

4. Tensimeter

Begitu juga dengan tensimeter. Alat cek ini juga sangat diperlukan untuk mengetahui tekanan darah kamu selama isolasi mandiri di rumah. Cek secara berkala, sehingga kamu bisa terus memantau kondisi kesehatan walau di rumah saja. 

5. Oksimeter

Oksimeter adalah hal penting yang dimiliki. Pastikan kadar oksigen kamu selalu terjaga dengan kadar saturasi minimal 95. Jika di bawah 95, tanyakan segera kepada dokter yang bisa dihubungi dan konsultasikan kondisi kamu. 

 

6. Logbook

Catat perkembangan harian diri kamu selama isolasi mandiri di rumah. Pastikan kamu mencatat apa yang kamu rasakan, suhu tubuh, kadar oksigen, perubahan yang terjadi, dan ragam perkembangan harian. Catatan ini bisa digunakan untuk memberi laporan kepada dokter sehingga ia bisa terus memantau kesehatan kamu. 

7. Vitamin dan obat

Isolasi mandiri di rumah harus disertai dengan obat dan vitamin yang tepat. Terapi obat dan vitamin bagi pasien Covid-19 harus berdasarkan resep dari dokter. Jangan konsumsi obat dan vitamin tanpa resep dokter, karena setiap orang memiliki tubuh dan kondisi yang berbeda-beda. Dengan tujuh starter pack di atas tentu isolasi mandiri di rumah bisa berjalan dengan lancar. 

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Hore! Anak di Bawah 12 Tahun Kini Boleh Masuk Bioskop dan Tempat Bermain di Wilayah PPKM Level 1-2
Artikel Selanjutnya
2,5 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Pfizer Tiba di Indonesia, Didistribusi ke 3 Daerah