Sukses

Lifestyle

Menerima Penolakan Memang Sulit, Tapi Ini Manfaatnya Untukmu

Fimela.com, Jakarta Menerima penolakan pasti menyakitkan, bukan hanya dalam hal cinta namun juga dalam hal-hal lain dalam hidup. Meski menyakitkan tapi sebenarnya penolakan memiliki banyak efek baik untuk kekuatan mentalmu. Ini alasan mengapa penolakan memiliki banyak manfaat untukmu.

1. Mengubah persepsimu

Penolakan jelas akan mengubah pandanganmu terhadap sesuatu, terutama tentang apa yang perlu kamu perbaiki, tingkatkan atau sesuatu yang perlu kamu lepaskan dan relakan. Kamu belajar sesuatu dan itu membuka persepsimu lebih luas.

2. Membantumu menyadari apa yang kamu butuhkan

Dari penolakan kamu juga akan menemukan alasan mengapa penolakan itu terjadi padamu. Secara alami kamu akan mulai mengevalusi diri sendiri dan menyadari sebenarnya apa yang kamu butuhkan. Bisa jadi apa yang kamu inginkan bukanlah yang kamu butuhkan.

3. Belajar hal-hal yang membuatmu bahagia

Penolakan juga membuatmu menyadari bahwa bahagia adalah pilihan. Kamu bisa memilih bahagia karena kamu berhak mendapatkannya. Ada perasaan ingin "balas dendam" ketika seseorang ditolak dan jika bisa dipahami dengan semestinya, kamu akan menyadari bahwa bahagia memang harus dimulai dari diri sendiri.

4. Membuatmu lebih tangguh

Orang biasanya merasa malu, kecewa atau sedih karena penolakan tapi justru semakin sering mengalaminya, maka kamu akan merasa kebal terhadapnya. Pada akhirnya penolakan itu membuatmu lebih kuat dan tangguh secara pikiran dan mental.

Jadi, meskipun menyakitkan bersyukurlah kamu pernah menerima penolakan berkali-kali dalam hidupmu karena sebenarnya penolakan justru menjadikanmu lebih kuat mental.

#ElevateWoman with Fimela

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Tips dan Trik Atasi Dampak Fisik dan Mental dari Gejala Long Covid-19
Artikel Selanjutnya
Orang dengan 4 Sifat Ini yang Mudah Dapatkan Jodoh