Sukses

Lifestyle

13 Rekomendasi Novel Lucu yang Bisa Membuatmu Tertawa dan Terhibur

Fimela.com, Jakarta Dalam buku novel, terdapat banyak genre cerita yang bisa dibaca, untuk menghibur para pembaca novel. Seperti novel dengan genre komedi, yang ceritanya bisa membuat pembaca tertawa terbahak-bahak.

Novel dengan genre lucu atau komedi, dibuat dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, dengan alur yang menarik dan mudah diikuti. Penokohan dalam novel lucu juga dibuat selucu mungkin, untuk membuat pembaca terhibur akan aksi kocaknya.

Ada banyak sekali novel lucu dengan genre komedi yang wajib dibaca. Bahkan ada beberapa novel komedi yang dipadukan dengan cerita romantis. Berikut rekomendasi novel lucu, dilansir dari beberapa sumber:

Rekomendasi Novel Lucu

1. Ubur-Ubur Lembur

Rekomendasi novel lucu yang pertama, yaitu novel berjudul Ubur-Ubur Lembur karya dari Raditya Dika, seorang penulis terkenal yang sudah memproduksi banyak sekali novel dengan genre komedi.

Novel ini diluncurkan pertama kali ditahun 2018, yang menceritakan tentang pengalaman hidup Raditya Dika, yang hidup berdasarkan hal yang dicintai. Novel berjudul Ubur-Ubur Lembur sukses membuat para pembaca tertawa, karena ceritanya sangat menarik.

2. Setengah Jalan

Novel berjudul Setengah Jalan adalah karya dari Ernest Prakasa, yang berisi tentang kisah hidupnya di usia ke 35 tahun. Dalam buku ini terdapat unsur lucu yang membuat pembaca tertawa, tetapi juga ada kisah nyata tentang pengalaman hidup Ernest dalam dunia perfilman, komika maupun penulis.

Ernest juga menulis beberapa tips parenting di dalam novel Setengah Jalan ini. Menurut Ernest, ia sudah memiliki banyak prestasi di usia 30tahunan, dan ia merasa keren sudah mencapai banyak impiannya.

3. (EX)PERIENCE

Novel (EX)PERIENCE karya dari Reza Pahlevi, juga sukses membuat para pembaca terhibur membaca kisah-kisah yang ditulis dalam novel ini. Novel ini menceritakan tentang para mantan, perselingkuhan dan pengalaman-pengalaman pacaran Reza.

Ceritanya dikemas dengan sangat menarik, sehingga pembaca bisa tertawa membaca setiap kisahnya. Bahkan menurut Reza, karena sudah terbiasa patah hati, maka ia memiliki motto hidup yaitu "Yesterday you said sorry, tomorrow gue cari lagi."

Rekomendasi Novel Lucu

4. Bajak Laut & Purnama Terakhir

Novel lucu selanjutnya yaitu berjudul Bajak Laut & Purnama Terakhir, karya dari Adhitya Mulya. Sebenarnya novel ini berbau tentang sejarah nasional, tetapi banyak diminati para pembaca karena ceritanya mudah dipahami dan menarik.

Bahkan kisah yang dikemas dalam novel ini, disertai dengan cerita lucu yang membuat para pembaca tertawa dan tidak bosan saat membaca kisah sejarah. Ada beberapa pembaca juga beranggapan, kalau novel ini terdapat unsur fantasi, sehingga terasa seperti membaca dongeng.

5. My Stupid Boss 6 : Be Like Bob

My Stupid Boss 6 : Be Like Bob adalah novel yang bisa membuat orang tertawa. Novel karya Chaos@work alias Kerani ini, menceritakan tentang kisah hidup Kerani di Malaysia. Novel ini diambil dari kisah nyata tetapi nama dan lokasinya dipalsukan.

Novel ini sudah diadaptasi menjadi film dan diproduksi kedua kalinya. Novel atau filmnya sukses membuat para penggemarnya tertawa dan terhibur. Tetapi penulis ini masih belum menunjukkan dirinya yang asli.

6. My Ice Girl

Selanjutnya My Ice Girl mengisahkan Malik dan Dara dimana keduanya memiliki sifat yang berbeda. Malik sendiri seorang pria yang pecicilan, playboy, dan setia kawan. Sedangkan Dara seorang perempuan yang dingin, jutek, dan tidak menyukai playboy. Hal ini membuat Malik bersemangat untuk mendapatkan cintanya Dara. Ada banyak kisah perjalanan cinta mereka yang lucu dan menggemaskan. 

Rekomendasi Novel Lucu

7. Skripsick: Derita Mahasiswa Abadi

Skripsick: Derita Mahasiswa Abadi adalah sebuah judul novel dengan genre komedi, karya dari Chara Perdana. Novel lucu ini sangat menghibur para pembaca. Karena menceritakan tentang kisah hidup seorang pemuda yang galau, karena jomblo akut, dan berkuliah di kampus yang isinya 95% adalah laki-laki.

Bahasa yang digunakan dalam novel ini sangat mudah dipahami, sehingga para pembaca mudah memahami nasib yang dialami oleh mahasiswa abadi, yang ingin segera lulus, yang diceritakan dalam novel lucu ini.

8. Skeptic Tank: Curahan Hati Pemuda Skeptis

Rekomendasi novel lucu yang terakhir, yaitu novel dengan judul Skeptic Tank: Curahan Hati Pemuda Skeptis, karya dari Jacob Julian. Buku ini sukses menghibur para pembaca novel lucu ini, hingga tertawa terbahak-bahak.

Jacob Julian menuliskan tentang curahan hatinya dalam novel ini, yang bercerita tentang segala persoalan yang menganggu pikirannya. Cerita komedi yang dituliskan disertai dengan sarkasme dan karakter yang skeptis.

9. Teman Tapi Menikah

Teman Tapi Menikah adalah novel yang ditulis oleh Ayudia dan Ditto. Novel ini sangat menarik, karena berdasarkan kisah nyata dari penulisnya yang merupakan sepasang suami istri. Setelah sukses dengan novel pertamanya, yang berisi tentang masa PDKT dan jadian dengan lika-liku yang menggemaskan, maka diterbitkanlah novel kedua yaitu Teman Tapi Menikah: Living in a Campervan.

Novel yang kedua menceritakan tentang masa-masa Ayudia dan Ditto setelah menikah, lalu melakukan perjalanan dengan campervan hingga luar negeri. Bahkan novel ini sudah diadopsi menjadi film layar lebar, yang sukses mengambil hati para penonton.

Rekomendasi Novel Lucu

10. Fangirl 

Novel ini menceritakan tentang Cath, salah satu mahasiswi baru di University of Nebraska Lincoln yang memiliki kembaran yaitu Wren. Mereka adalah kategori kembar identik.

Keduanya memiliki kepribadian yang berbeda. Wren merupakan anak yang mudah bergaul sedangkan Cath menyukai menulis. Mereka berdua juga salah satu penggemar berat Simon Snow saat kecil, namun semenjak kuliah Wren memutuskan untuk tidak menyukai serial tersebut dan Cath masih menyukainya sampai sekarang sehingga mereka berdua sering terlibat dalam kondisi yang canggung namun menggemaskan.

11. The One and Only Ivan

Novel ini merupakan novel fabel terlaris sepanjang masa yang bisa dibaca segala usia. Bahkan orang dewasa pun menikmatinya. Ivan dikisahkan sebagai seekor gorila yang tumbuh besar di sebuah pusat perbelanjaan.

Ia sudah terbiasa bertemu dengan manusia yang melihatnya dari balik kaca tebal, sembari menikmati hidupnya dengan kawan-kawan satwa lain seperti Bob si anjing dan Stella si gajah tua. Tak pernah terpikirkan olehnya asal usul atau habitat aslinya.

Sampai seekor gajah kecil didatangkan dari alam liar dan perlahan membuka mata Ivan tentang kehidupan di luar tempat tinggalnya sekarang. Berkat kisahnya yang menarik, novel ini sudah difilmkan oleh Disney dan rilis tahun 2020 lalu. 

12. The Princess Diaries

Siapa disini yang pernah bermimpi menjadi seorang puteri kerajaan? The Princess Diaries salah satu novel yang mungkin akan membawamu untuk berkhayal menjadi seorang puteri kerjaan. Mia adalah seorang thermopolis, dia siswi kelas 9 dan tiba-tiba ia diberitahu bahwa dirinya keturunan dari kerajaan genovia. Tentu hal ini mengubah hidup mia menjadi berwarna. Pastinya pembaca akan sengat terhibur dengan novel ini karena drama Mia sebagai seorang puteri penuh jenaka. 

13. I Feel Bad About My Neck

I Feel Bad About My Neck adalah novel lucu yang menceritakan tentang kisah suka dukanya penulis. Ephron adalah penulis novel ini, yang menuliskan tentang karakter dirinya sebagai orang yang memiliki obsesi memasak, bersemangat dan orang tua yang perlu dikasihani. Novel ini sukses membuat pembaca tertawa terbahak-bahak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading