Sukses

Lifestyle

9 Rekomendasi Novel Sastra Indonesia Terbaik yang Wajib Dibaca

Fimela.com, Jakarta Membaca adalah salah satu kegiatan yang bisa menghibur di kala bosan. Membaca juga bisa meningkatkan kinerja otak, dan bisa mempelajari hal-hal baru untuk menambah pengetahuanmu. Seperti membaca novel.

Novel merupakan karya sastra yang masih banyak digemari hingga saat ini. Ada beberapa jenis novel yang bisa kamu baca, salah satunya adalah novel sastra, yang memiliki unsur nilai sosial, nilai ethik, nilai hidonik, nilai spirit, nilai koleksi, dan nilai kultural.

Dalam novel sastra Indonesia, Sahabat Fimela dapat memperdalam kebudayaan Indonesia, mengenal perkembangan kehidupan di Indonesia, hingga kisah-kisah sejarah yang ada. Berikut rekomendasi novel sastra Indonesia, yang wajib dibaca:

Rekomendasi Novel Sastra Indonesia Terbaik

1. Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990

Rekomendasi novel sastra Indonesia yang pertama, yaitu novel berjudul Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990, karya dari penulis ternama yaitu Pidi Baiq. Novel ini menceritakan tentang kisah cinta para remaja di era tahun 90-an, dengan tokoh utama Dilan dan Milea. Novel ini dikemas dengan cerita yang sangat menarik an menyentuh hati para pembacanya.

2. Bumi Manusia

Novel sastra Indonesia berjudul Bumi Manusia, adalah salah satu novel terlaris di Indonesia, yang ditulis oleh Pramoedya Ananta Toer. Awalnya buku ini sempat dilarang beredar di tahun 1981, tetapi akhirnya novel ini menjadi populer, hingga diadaptasi menjadi film layar lebar.

Novel berjudul Bumi Manusia, menceritakan tentang kisah Minke yang merupakan seorang pemuda, yang memiliki banyak pengetahuan, cerdas dan membela bangsanya di tengah masa kolonial Belanda.

3. Aku Ini Binatang Jalang

Chairil Anwar adalah seorang penyair atau sastrawan yang karyanya sangat terkenal, sebagai pengkritis negara yang dikemas dalam bentuk puisi. Salah satu novel sastra karyanya yang terkenal adalah novel berjudul Aku Ini Binatang Jalang. Dalam novel ini, Beliau menuliskan surat-surat untuk sahabatnya.

Rekomendasi Novel Sastra Indonesia yang Wajib Dibaca

4. Ronggeng Dukuh Paruk

Sebuah novel sastra Indonesia berjudul Ronggeng Dukuh Paruk, karya dari Ahmad Tohari, adalah novel yang wajib dibaca, karena bercerita tentang kisah cinta seorang penari ronggeng yang bernama Srintil, dengan seorang tentara bernama Rasus, yang merupakan teman masa kecilnya. Novel ini juga mengangkat budaya Jawa yang menarik untuk dibaca.

5. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Novel sastra yang selanjutnya adalah Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, karya dari penulis Buya Hamka, menceritakan tentang sebuah kisah cinta yang sedih, yang dialami oleh Zainuddin dan Hayati. Ceritanya dikemas dengan bahasa sastra Indonesia yang indah, sehingga membuat para pembaca tersentuh hatinya.

6. Laskar Pelangi

Laskar Pelangi adalah sebuah novel sastra Indonesia yang terkenal, karya dari Andrea Hirata seorang penulis yang memiliki banyak penghargaan. Novel Laskar Pelangi ini bisa dibaca anak-anak, karena menceritakan tentang kisah perjuangan 11 anak dalam menempuh pendidikan dan cita-cita, dengan fasilitas di sekolah yang sangat minimal. Latar yang digunakan untuk cerita Laskar Pelangi ini adalah Belitong, dan diangkat berdasarkan dari kisah nyata. Novel best seller ini juga diadaptasi menjadi film layar lebar, yang bisa ditonton segala usia.

Rekomendasi Novel Sastra Indonesia untuk Remaja

7. Hujan Bulan Juni - Sapardi Djoko Damono

Rekomendasi novel sastra Indonesia yang selanjutnya, yaitu novel dengan judul Hujan Bulan Juni, karya dari penulis Sapardi Djoko Damono. Novel ini menceritakan tentang sebuah kisah cinta yang terhambat oleh perbedaan budaya, suku dan agama, yang dialami oleh Sarwono dan Pingkan. Ada banyak pelajaran yang dapat diambil dalam novel ini. Novel ini juga bisa dibaca oleh remaja.

8. Kesatria, Putri, & Bintang Jatuh: Supernova - Dee Lestari

Kesatria, Putri, & Bintang Jatuh: Supernova adalah salah satu novel sastra Indonesia yang best seller, karya dari Dee Lestari. Novel ini memiliki genre fiksi yang berhubungan dengan sains, filsafat, dan psikologi. Novel ini memiliki plot twist yang seru, sehingga pembaca tidak pernah bosan membaca novel ini.

9. Celana - Joko Pinurbo

Celana adalah buku sastra Indonesia karya Joko Pinurbo, yang berisi tentang 44 puisi dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami pembaca. Isi buku ini berhubungan dengan peristiwa sehari-hari dalam kehidupan, yang dikemas dengan humor ringan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading