Sukses

Lifestyle

Begitu Mudah Merasakan Banyak Emosi, Ini 6 Tanda Kamu Orang yang Sensitif

Fimela.com, Jakarta Orang yang sangat sensitif adalah istilah yang dibuat untuk menggambarkan sekelompok orang yang otaknya memproses semua informasi dengan sangat dalam, termasuk emosi, pikiran, dan masukan sensorik. Ini membuat mereka lebih sensitif secara fisik dan emosional daripada orang lain. Sensitivitas tinggi dianggap sebagai ciri kepribadian yang normal dan sehat, meskipun sifat yang, seperti semua ciri kepribadian memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Orang yang sangat sensitif cenderung bertindak berbeda dari orang lain dan menginginkan hal yang berbeda dari kehidupan. Ada begitu banyak tanda-tanda orang yang sensitif yang bisa kita ketahui seperti di bawah ini.

1. Membenci Kekerasan dan Kekejaman dalam Bentuk Apa Pun

Semua orang membenci kekerasan dan kekejaman, tetapi bagi orang yang sangat sensitif, melihat atau mendengarnya bisa sangat meresahkan. Demikian pula, kamu mungkin tidak dapat menerima berita tentang kekejaman terhadap hewan atau tindakan brutal serupa.

2. Sering Kelelahan Secara Emosional Karena Menyerap Perasaan Orang Lain

Meskipun orang yang sangat sensitif belum tentu berempati, tapi mereka cenderung menyerap emosi orang lain, hampir seperti seorang empati. Bukan hal yang aneh bagi seorang yang sensitif untuk masuk ke sebuah ruangan dan langsung merasakan suasana hati orang-orang di dalamnya. Itu karena orang yang sangat sensitif sangat menyadari seluk-beluk, termasuk ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan nada suara yang mungkin dilewatkan orang lain. Akibatnya, orang yang sangat sensitif cenderung sering mengalami kelelahan emosional.

3. Sering Menarik Diri

Apakah kamu seorang introver atau ekstrover, kamu membutuhkan banyak waktu senggang, lebih disukai sendirian. Kamu sering mendapati diri menarik diri ke ruangan yang sunyi dan gelap di penghujung hari yang panjang untuk menurunkan tingkat stimulasimu, menenangkan indramu dan mengisi ulang energi.

4. Merasa Gelisah

Ketika seseorang menyelinap ke arahmu, kamu melompat seperti kucing yang ketakutan. Banyak orang yang sensitif memiliki refleks kaget yang tinggi karena bahkan dalam situasi yang tidak mengancam, sistem saraf mereka diaktifkan.

5. Berpikir Secara Mendalam

Landasan menjadi orang yang sensitif adalah kamu memproses informasi secara mendalam. Ini berarti kamu banyak merenungkan pengalamamu, lebih dari orang lain. Sayangnya, ini juga berarti kamu lebih rentan terhadap pemikiran negatif yang berlebihan. Kadang-kadang kamu secara obsesif memainkan peristiwa berulang-ulang dalam pikiranmu atau berputar ke dalam pikiran cemas.

6. Dunia Batinmu Hidup dan Hadir

Sekali lagi, karena pemrosesan mendalammu, kamu memiliki dunia batin yang kaya. Sebagai seorang anak, kamu mungkin memiliki beberapa teman khayalan, menikmati permainan berbasis fantasi, dan cenderung melamun. Sebagai orang dewasa, kamu mungkin memiliki mimpi yang sangat realistis.

Orang yang begitu sensitif mampu mersakan segala emosi yang dirasakan orang lain. Apakah Sahabat Fimela salah satunya?

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading