Sukses

Lifestyle

35 Kata-Kata Cantik itu Luka Karya Eka Kurniawan, yang Menyentuh Hati dan Penuh Makna

Fimela.com, Jakarta Cantik itu Luka adalah sebuah buku novel karya Eka Kurniawan. Buku ini mulai diterbitkan ditahun 2002, dengan kerjasama bersama Akademi Kebudayaan Yogyakarta dan Penerbit Jendela. Kemudian cetakan kedua dan seterusnya, mulai tahun 2004 diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama.

Novel Cantik itu Luka termasuk dalam novel genre fiksi sejarah, yang disisipkan cerita realisme tentang sejarah. Novel ini menceritakan tentang masa kolonial atau penjajahan, saat seorang perempuan dipaksa untuk menjual diri. Perempuan tersebut memiliki 3 anak cantik, dan ia berharap anak yang terakhir memiliki wajah yang buruk rupa. Akhirnya anak terakhir lahir seperti yang ia harapkan, dan diberikan nama Cantik.

 

Novel sastra ini, memiliki makna penuh dan memiliki beberapa pelajaran yang dapat diambil. Kalimat yang digunakan dalam setiap paragrafnya mudah dipahami, sehingga para pembaca dapat menikmati ceritanya yang menyentuh hati. Berikut kata-kata yang terdapat dalam novel Cantik itu Luka:

Kata-Kata Cantik itu Luka

1. Cinta itu seperti iblis, lebih sering menakutkan daripada membahagiakan.

2. Kawin dengan orang yang tak pernah dicintai jauh lebih buruk dari hidup sebagai pelacur.

3. Cinta bisa menyembuhkan penyakitnya, bahkan penyakit apa pun.

4. Cinta telah memberikan bukti bahwa cinta merupakan kekuatan yang jauh lebih besar dari apa pun.

5. Seorang sahabat sangatlah kurang, tapi seorang musuh adalah terlalu banyak dan kau membuat banyak orang membencimu.

6. Aku menyukai laki-laki, tapi aku lebih suka melihat mereka menangis karena cinta.

7. Hanya cinta yang bisa menyembuhkan orang gila.

8. Jadilah lelaki sejati, maka aku menyukaimu.

9. Anak membawa rejekinya sendiri-sendiri.

10. Cinta tak perlu saling memiliki.

Kata-Kata Cantik itu Luka

11. Cinta telah memberikan bukti bahwa cinta merupakan kekuatan yang jauh lebih besar dari apa pun.

12. Ilmu hitam sangatlah tidak berguna. Mereka memberimu kekuatan semu, palsu dan artisial, dan tentu saja jahat.

13. Ini rumah peristirahatan milik seorang pemilik pabrik limun di Batavia, aku lupa namanya, tapi tak ada bedanya, kini rumah ini milik kalian.

14. Jangan karena kau punya ilmu hitam maka kau bisa berbuat sesuka hatimu.

15. Kecemasan datang dari ketidaktahuan.

16. Kepergian seorang kekasih bukanlah perkara sederhana.

17. Laki-laki paling tampan sedunia memang bukan mahluk yang mudah untuk ditaklukkan.

18. Sakit karena cinta. Apakah cinta sejenis malaria? Lebih mengerikan.

19. Seratus tujuh puluh dua lelaki. Yang paling tua berumur sembilan puluh dua tahun, yang paling muda berumur dua belas tahun, seminggu setelah disunat. Aku mengingat semuanya dengan baik.

20. Sia-sia cemburu pada orang mati.

Kata-Kata Cantik itu Luka

21. Tak pernah ada orang konyol menghitung berapa banyak hantu.

22. Terdengar seolah kawin merupakan hal mudah.

23. Communism was born from a beautiful dream, the likes of which there will never be again on the face of this earth: that there would no longer be lazy men who eat their fill while others work hard and starve.

24. Semua perempuan itu pelacur, sebab seorang istri baik-baik pun menjual kemaluannya demi mas kawin dan uang belanja, atau cinta jika itu ada.

25. If I might share my opinion, this world is hell, and our task is to create our own heaven.

26. You don't need to belong to one another in order to love one another.

27. Ini pohon ketapang menyedihkan itu, tempat kita berjanji akan bertemu kembali, kupersembahkan untuk kayu bakar pesta perkawinanmu.

28. It's not man's job to think about whether God exists or not, especially when you know that right in front of your eyes one person is stepping on another's neck.

29. Why,” Comrade Yono couldn’t stop himself from asking, “do you care so much about those newspapers?” “Because the Russian Revolution would never have succeeded if the Bolsheviks hadn’t had their newspaper.

30. Kecemasan datang dari ketidaktahuan.

31. Apakah aku perlu memberi rekomendasi ke rumah sakit jiwa?Tak perlu, ia sebenarnya waras bukan main, yang gila adalah dunia yang dihadapinya.

32. Penyelamatan tahanan terus berlangsung: tim palang merah internasional kemudian datang dan semua tahanan segera akan diterbangkan ke Eropa. Negiri ini bagaimanapun tak cukup aman bagi orang-orang sipil, apalagi setelah selama tiga tahun di dalam tahanan.

33. Orang-orang pribumi telah memerdekakan diri, dan milisi-milisi bersenjata berdiri di mana-mana.....Perang belum berakhir, bahkan baru dimulai, dan dinamakan oleh orang pribumi sebagai perang revolusi.

34. Lelaki yang tengah menyetubuhi si gadis segera mencabut kemaluannya, meninggalkan bunyi "splosh" yang menjijikan, dan berlari dengan wajah sepucat roti busuk, diikuti ketiga temannya.

35. Nasib anak-anak manusia dalam gelombang sejarah bangsa. Manusia-manusia yang telah menjadi korban kekuasaan dan ‘kutukan karma’.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading