Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengatur Gaji Bulanan dengan Bijak dan Cerdas

Fimela.com, Jakarta Dunia telah berubah dan masih terus berubah. Dalam keadaan ekonomi saat ini, Sahabat Fimela mungkin berjuang untuk mempertahankan cara hidup meskipun mendapatkan gaji. Kamu mungkin benar-benar mendapatkan kurang dari apa yang kamu hasilkan. Dalam situasi seperti itu, dirimu mungkin bertanya-tanya apa cara terbaik untuk membelanjakan gaji dengan bijak. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membelanjakan gaji dengan bijak dan cerdas.

Ketahui Kebutuhanmu Sehari-hari

Adalah penting bahwa kamu sepenuhnya memahami berapa banyak uang yang kamu butuhkan untuk biaya hidup sehari-hari. Itu berarti kamu harus membuat daftar semua pengeluaran seperti sewa bulanan, tagihan listrik, bahan makanan, makanan, transportasi ke tempat kerja dan asuransi. Pastikan untuk memasukkan semua yang kamu belanjakan, apakah itu kebutuhan atau keinginan.

Rencanakan dan Ketahui Pengeluaranmu

Kamu harus merencanakan pengeluaran dengan sangat hati-hati. Ini termasuk perjalanan ke toko untuk berbelanja. Bahkan, kamu harus memastikan bahwa kamu merencanakan setiap perjalanan yang melibatkan pengeluaran uang tunai termasuk bertemu dengan teman-teman untuk keluar malam.

Kamu mungkin berpikir bahwa perencanaan tidak berguna. Sebenarnya, tercatat bahwa kebanyakan orang meremehkan pentingnya perencanaan gaji. Namun, membangun dan mempraktikkan kebiasaan perencanaan dapat menghemat banyak uang dalam jangka panjang. Dapatkah kamu memikirkan banyak perjalanan yang tidak perlu yang kamu lakukan?

Gunakan Aturan 50-30-20

Untuk dapat mengelola atau sebagai salah satu cara membelanjakan gaji secara efisien, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan aturan 50/30/20. Ini pada dasarnya berarti bahwa alih-alih membagi gaji menjadi banyak hal, kamu hanya memasukkannya ke dalam tiga kategori utama.

Dalam hal ini, kamu harus membagi gajimu menjadi biaya tetap, biaya fleksibel, dan tujuan keuangan. Jika kamu ingin menerapkan aturan, maka 50% dari gajimu akan digunakan untuk biaya tetap, 30% untuk biaya fleksibel, dan 20% untuk tujuan keuanganmu.

Investasikan Uang Ekstra

Sangat penting untuk memastikan bahwa kamu memiliki mekanisme untuk menabung dan kemudian berinvestasi. Seperti dibahas di atas, sebagian dari gajimu harus disisihkan sebagai tabungan. Setelah kamu mengumpulkan tabungan yang cukup atau substansial, tindakan selanjutnya adalah mengubah tabungan tersebut menjadi investasi.

Menginvestasikan uang ekstra dalam hal-hal seperti saham dan mata uang adalah cara lain untuk meningkatkan gaji tanpa harus bekerja lebih lama. Perdagangan valas online menawarkan peluang untuk mendapatkan keuntungan jangka pendek dari naik turunnya harga pasangan mata uang.

Memiliki Rencana Pelunasan Hutang

Bunga yang timbul dari hutang yang belum dibayar, seperti kartu kredit dan hipotek, dapat melumpuhkan keuangan pribadi, bayarlah sesegera mungkin. Sebagai cara untuk mengelola dan membelanjakan gaji dengan bijak, sebaiknya kamu memperhatikan kamu menggunakan sebagian darinya untuk melunasi dan mengurangi hutangmu. Jika kamu meminjam uang untuk berinvestasi atau memulai bisnis, pastikan untuk melunasi hutang segera setelah kamu mulai menghasilkan pendapatan.

Pastikan dirimu membuat anggaran bulanan dengan baik. Jangan terlalu sering menggunakan kartu kredit yang anak menambah bunga setiap bulannya.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading