Sukses

Lifestyle

Manfaat Penting Olahraga di Rumah Selain Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Aktivitas olahraga semakin sering dilakukan demi menjaga daya tahan tubuh. Namun di sisi lain, tidak semua orang berani melakukan olahraga di tengah situasi penyebaran COVID-19.

Menurut Marcellina Leonora seorang Women Fitness Specialist, ada baiknya untuk tetap olahraga meski lebih banyak berada di rumah.

Tidak hanya membentuk tubuh dan imun yang lebih kuat, ada beberapa manfaat yang bisa didapat dari olahraga.

Ada beberapa hormon yang sangat berperan untuk kesehatan otak selama kita olahraga. Salah satunya adalah dopamin yang membantu kita untuk meningkatkan motivasi dan fokus.

 

Manfaat olahraga

Ada juga endorfin yang bisa membantu kita untuk menghilangkan rasa sakit dan meningkatkan rasa bahagia. Hormon inilah yang membuat orang tidak mudah merasa lelah dan justru lebih segar selepas olahraga.

Terakhir, ada hormon serotonin yang membuat kita lebih semangat dan membuat suasana hati menjadi lebih baik setelah olahraga. Hormon serotonin ini dapat membantu orang yang saat ini bekerja dari rumah menjadi lebih positif, bersemangat, dan produktif.

Olahraga tentu akan melancarkan peredaran darah dan membantu distribusi oksigen serta nutrisi tubuh menjadi lebih baik. Hal ini berpengaruh pada hippocampus karena dapat meningkatkan daya ingat yang lebih baik.

Untuk durasi dan waktu olahraga yang ideal, bergantung pada tujuan yang ingin dicapai. WHO sendiri menyebut untuk olahraga dengan intensitas rendah bisa dilakukan antara 75-150 menit perminggu. Sementara untuk intensitas rendah bisa dilakukan selama 150-300 menit perminggu.

 

Durasi olahraga yang ideal

Untuk menjaga daya tahan tubuh, Leony menyarankan untuk berolahraga selama 30 menit dengan jangka waktu sebanyak tiga kali seminggu. Kamu bisa melakukan di sela-sela waktu kosong.

Selain olahraga, pastikan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Setiap orang punya kebutuhan minum yang berbeda, tergantung dari berat badan. Perhitungannya 30ml dikalikan dengan berat badan.

Tidur cukup dan teratur juga sangat diperlukan. Pastikan kamu mendapatkan waktu tidur berkualitas selama enam hingga tujuh jam tanpa terganggu. Lengkapi dengan menyantap makanan padat nutrisi terutama makronutrisi yang mengandung protein, karbohidrat, dan lemak.

Simak video berikut ini

#elevate women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Alat dan Pakaian Olahraga Dior yang Bikin Ruangan Gym di Rumah Makin Terlihat Fancy
Artikel Selanjutnya
Diary Fimela: Manfaatkan Peluang di Tengah Pandemi, Merek Sepatu Olahraga Lokal Athletica Melejit dalam Waktu Singkat