Sukses

Lifestyle

6 Tips Mudah Menghadapi Teman yang Egois

Fimela.com, Jakarta Dalam suatu hubungan pertemanan pasti ada satu orang yang egois. Setiap orang pasti mempunyai rasa ego tetapi dengan kadar yang berbeda-beda. Mungkin memiliki teman yang egois bisa juga merusak pertemanan kamu. Terkadang, beberapa orang lelah dengan karakter egois dari temannya sendiri. Hal itu membuat mereka memilih untuk menjauh karena merasa tidak sepemikiran dan tidak bisa berkompromi lagi.

Tetapi, dalam hubungan pertemanan itu lumrah terjadi. Oleh karena itu, sebagai teman kamu harus memahami karakter dan sifat teman kamu agar hubungan berjalan dengan lancar dan harmonis. Berikut 5 Tips mudah menghadapi teman yang egois:

1. Tidak mudah tersinggung atau baper

Kebanyakan teman yang egois merasa keinginannya harus terpenuhi tanpa tahu temannya terluka atau tidak. Mungkin teman yang egois ingin melakukan hal yang benar untuk mereka tetapi tidak untukmu. Jadi, jika kamu sudah memahami sifatnya janganlah mudah tersinggung atau baper dengan perilaku mereka

2. Jangan mudah berasumsi

Kamu mungkin pernah berasumsi tentang atas dasar apa yang membuat temanmu menjadi egois. Tetapi asumsimu tidak selalu akurat. Untuk mengatasi asumsimu yang salah, kamu dapat bertanya dengan temanmu yang egois untuk menjelaskan bagaimana mereka bisa menjadi egois.

3. Mengingatkan secara baik-baik

Jika kamu sudah merasa lelah menghadapi temanmu yang egois, kamu harus bisa mencari waktu yang pas untuk mengingatkannya dengan komunikasi yang baik satu sama lain. Dikarenakan teman yang egois hanya mementingkan kepentingannya saja tidak dengan kepentingan kamu. Harus hati-hati untuk mengingatkan temanmu yang egois jangan sampai tindakanmu itu justru menjadi boomerang bagi dirimu sendiri.

4. Jangan dianggap serius

Teman egois dapat menghalalkan segala cara agar mereka bisa memenuhi keinginannya. Jika kamu sudah mengetahui bahwa mereka mau keinginannya diikuti, kamu jangan anggap serius. Kalau kamu menganggap serius perilaku mereka, kamu sendiri yang akan rugi apalagi kamu sudah tau sifat egoisnya dari awal.

5. Berhenti untuk berbuat baik

Biasanya teman egois hanya membutuhkanmu disaat mereka butuh saja. Tetapi mereka tidak akan ada jika kamu membutuhkannya. Karena mereka hanya mementingkan dirinya sendiri tidak dengan orang lain. Jadi kamu cobalah untuk berhenti berbuat baik, mungkin saja dengan kamu berkata tidak untuk tidak memenuhi keinginannya mereka akan sadar bahwa tidak semua keinginannya bisa kamu penuhi.

6. Mencari lingkar pertemanan yang baru

Setiap manusia pasti mempunya kadar tingkat toleransinya sendiri. Jikalau kamu merasakan bahwa kamu telah menguras tenaga dan emosi hanya untuk berteman dengan mereka yang egois hal itu bisa berdampak pada kesehatan mentalmu kalau kamu masih ingin meneruskan hubungan tersebut. Maka tinggalkanlah mereka dan carilah circle pertemanan baru yang sekiranya kamu dapat berteman secara sehat dan mempunyai pemikiran atau sifat yang sama dengan kamu.

Itu dia 6 tips mudah mengatasi teman yang egois. Kira-kira Sahabat Fimela punya tips lain ga nih untuk mengatasi teman yang egois?

Ditulis: Adjeng Dwi Fitriani

What's On Fimela
Loading